Pelayan Bebas Pungli, Kanit Provos Terapkan Disiplin bagi Anggota

Polres Trenggalek – Untuk meminimalisir adanya pelanggaran yang dilakukan oleh  personil  Polsek Karangan dalam pelaksanaan tugas, Provost selaku fungsi pengawasan rutin mengecek kehadiran personil dalam melaksanakan Piket fungsi dan Piket Penjagaan yang telah ditentukan sesuai Jadwal, serta memberikan pengawasan terhadap anggota dalm memberikan pelayanan kepada masyarakatat agar jangan sampai ada pelanggaran atau penyelewengan oleh oknum anggota Polri yang bisa merendahkan citra Polri. Selasa (15/08/20).

Pengecekan  dan pengawasan dilakukan agar personil benar-benar melaksanakan tugas dengan baik dan tidak melakukan pelanggaran dengan tidak hadir melaksanakan tugasnya, jika tidak hadir maka ketidak hadiran tersebut harus bisa dipertanggung jawabkan secara dinas, entah itu karena sakit ataukah kepentingan lain yang bersifat penting. Sebagai pengemban fungsi pengawas profesi dan pengamanan anggota di tingkat Polsek, Aipda Budi Sanyoto S.H. Selaku Kanit Provos Polsek Karangan Polres Trenggalek melaksanakan cek dan pantau Pelayanan SKCK dan Perizinan.

Tugas rutin dan upaya yang dilakukan oleh Kanit Provos Polsek Karangan untuk mencegah terjadinyan pelanggaran atupun peyimpangan yang dilakukan anggota dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan PP No. 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yaitu untuk biaya pembuatan SKCK sebesar Rp.30.000,- (tiga puluh ribu rupiah). Pada kesempatan tersebut Aipda Budi mengingatkan petugas pelayanan SKCK agar dalam melaksanakan penarikan biaya pembuatan SKCK harus sesuai peraturan yang berlaku.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menghindari atupun mencegah terjadinya praktek pungutan liar (pungli) dalam pelayanan masyarakat serta untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima Kepolisian kepada masyarakat Bebas Pungli.”Tandas Aipda Budi.