Bersama Instansi Terkait Polsek Karangan Gelar Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Prokes

Polres Trenggalek – Menindah Lanjutin arahan dan petunjuk dari pimpinan, Polsek Karangan, Koramil 0806-08 Karangan, dan juga sat Pol PP dari Kecamatan Karangan, mengadakan Operasi Yustisi Implementasi Inpres No 06 tahun 2020. tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. serta penerapan Perda Jatim No 02 tahun 2020, dan Perbup Trenggalek No 31 tahun 2020.

Adapun sasaran dari tim penegakan disiplin ini diantaranya adalah area pasar wage karangan, kios depan lapangan karangan yang kerap dipakai sebagai tempat nongkrong, warkop dan kafe serta tempat lain yang berpotensi digunakan sebagai tempat berkumpul masyarakat saat malam hari.

Salah satu yang diintensifkan dalam Operasi Yustisi kali ini adalah aspek Ketentraman dan Ketertiban Umum penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H. Selaku pengendali disela kegiatan mengatakan bahwa operasi yustisi dilaksanakan dengan tujuan melindungi warga. kami tekankan pada masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan, dan selalu memakai masker setiap aktifitas, demi keselamatan bersama, dari penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda.

Sanksi dapat berupa teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial, denda administratif, hingga penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Dari hasil pelaksanaan operasi yustisi tersebut telah ditemukan beberapa warga yang masih belum mematuhi protokol kesehatan, dan selanjutnya diberikan penindakan berupa Sangsi, menyanyikan lagu indonesia raya, mengucapkan pancasila dan juga berjanji “saya akan memakai masker” dengan diucapkan berkali-kali.

“Kegiatan ini akan terus kita gelar secara konsisten. tidak hanya di karangan, kedepan akan diarahkan hingga wilayah Desa-Desa terdalam. semua dilakukan tak lain dan tak bukan demi keselamatan dan kesehatan kita bersama.” Pungkas AKP Tri Basuki.