Wujudkan Keluarga Bahagia, Ketua Bhayangkari Ranting Bendungan Bagikan Tipsnya Berikut ini

Polres Trenggalek – Pemerintah mempunyai program baru dalam upaya membangun keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Program itu adalah Bangga Kencana atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana.

Di Kecamatan Bendungan, program Bangga Kencana ini sudah mulai disusun pelaksanaannya melalui rapat teknis yang digelar di Balai Penyuluhan Pertanian Jonggol Desa Sumurup pagi tadi, Kamis (17/9/2020).

Yang menarik, narasumber kegiatan tersebut adalah Ny. Ninik Puguh Wardoyo yang juga Ketua Bhayangkari Ranting Bendungan.

Di depan seluruh peserta yang melibatkan TP PKK Kecamatan Bendungan, Ketua Persit Bendungan beserta anggota, TP PKK Desa, dan ketua yayasan yang bergerak di bidang kemandirian perempuan Indonesia ini, Ny. Ninik menjabarkan entry point program Bangga Kencana yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga-keluarga berkualitas.

“Apabila keluarga sebagai unit terkecil dalam institusi masyarakat bisa menjalankan program Bangga Kencana, maka akan tercermin ke dalam 8 fungsi keluarga, yakni fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan,” terang Ny. Ninik.

Menjalankan keseluruhan fungsi tersebut dengan baik, kata Ny. Ninik, tentu membutuhkan usaha yang tidak mudah.

Karena itu, sebaiknya setiap pasangan baik yang berencana untuk menikah maupun yang sudah berumah tangga perlu menentukan visi dan misi keluarga.

“Visi dan misi tidak hanya menyangkut masalah keuangan, namun juga meliputi pembagian peran dalam keluarga, nilai-nilai yang dianut, maupun aturan yang harus ditaati,” jelasnya.

Masih menurut penjabaran Ny. Ninik, dengan mengetahui fungsi keluarga sedini mungkin, setiap pasangan mampu mendapat gambaran riil peran mereka kelak saat berumah tangga.

“Pesta pernikahan, memiliki rumah, dan kendaraan, bukanlah esensi dari sebuah pernikahan, melainkan menjalankan kedelapan fungsi keluarga tadi adalah hal yang utama,” terangnya.

Sebelum menutup materinya, Ny. Ninik pun berpesan agar merencanakan dengan baik setiap program keluarga guna menunjang taraf kebahagiaan bagi keluarga itu sendiri.

“Jumlah anak juga harus direncanakan dengan baik lho ya. Perencanaan yang matang memungkinkan kita dan pasangan untuk mengukur kemampuan guna mewujudkan keluarga bahagia,” pungkasnya.