Pengamanan Acara Pernikahan dalam Masa Pandemi Covid-19

Polres Trenggalek – Masih dalam situasi Pandemi Covid-19, penyelenggaraan pesta pernikahan diijinkan oleh Pemerintah Desa didampingi oleh tim Satgas covid-19 desa setempat dengan syarat wajib mematuhi protokol kesehatan covid-19 sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sesuai dengan tradisi penanggalan adat jawa memasuki bulan Besar dan Safar, ketika akan menggelar pesta pernikahan dicarikan hari baik terlebih dahulu, maka acap kali terjadi dalam satu hari ada beberapa orang yang menggelar pesta secara bersamaan. Hal ini juga terjadi di Desa Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, Jum’at (09/10).

Bhabinkamtibmas Desa Kerjo Polsek Karangan Polres Trenggalek Bripka Didik Hari Asmoro bersama tim Satgas covid-19 Desa Kerjo Kecamatan Karangan yang terdiri dari Kades Desa Kerjo Sdr. Rebo, Babinsa Desa Kerjo Sertu Karno, petugas kesehatan dan tokoh masyarakat melaksanakan giat pendampingan dan pengamanan acara Pernikahan di empat tempat sekaligus, yaitu dirumah Bpk. Maryadi, Bpk. Basori dan Bpk Hujaini yang ketiganya beralamat di Dusun Krandon Desa Kerjo sementara satu lagi Bpk. Herman Setiawan beralamat di Dusun Krajan Desa Kerjo.

“Sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19, kami memberikan imbauan kepada tuan rumah juga tamu undangan agar cuci tangan pakai sabun atau menggunakan handsanitizer serta dicek suhu badannya ketika akan memasuki tempat pesta pernikahan serta jaga jarak sesuai protokoler kesehatan,” ujar Bhabinkamtibmas.

Kepala Desa Kerjo Sdr. Rebo selaku Ketua Satgas Covid-19 Desa Kerjo memberi penekanan bahwa selama berlangsungnya acara pernikahan wajib dilaksanakan sesuai protokoler kesehatan. Selain itu dari Satgas covid-19 juga memberi imbauan dan menata kursi dengan jarak 1m, serta mengawasi jalannya acara dengan menerapkan protokoler kesehatan sampai selesai.