Polri Bersinergi Dengan Satgas Desa Pantau Kegiatan Hajatan

Polres Trenggalek – Pandemi covid 19 sangat berdampak dalam kehidupan sehari hari, adat dan kebiasaan warga Kec. Munjungan sebelum covid 19 dan sesudah covid 19 sangatlah drastis. Bagaimana tidak ketika musim buwuh(jawa) orang punya hajat sangat banyak namun setelah adanya pandemi covid 19 ini adat dan kebiasaan tersebut jarang dijumpai.

Dari pantauan redaksi jumat malam (9/10) sehabis mahrib nampak anggota polisi berseragam lengkap dan satgas desa hadir dalam kegiatan orang punya hajat, terlihat mereka sedang aktif menegakan protokol kesehatan. Beberapa aturan tentang orang punya hajat diatur sedemian ketat. Hal ini tidak lain untuk mencegah penularan covid 19. Bripka Prames Kintapa Bhabinkamtibmas Desa Bendoroto Polsek Munjungan Polres Trenggalek menuturkan jika di desa binaanya itu jarang ditemukan orang punya hajat dimasa pandemi ini ” punya hajat monggo” tapi tidak boleh ada hiburan dan semua wajib menerapkan protokol kesehatan

Ketika menggelar hajatan harus mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, tidak ada jamuan makan ditempat pungkasnya. Masker, tempat cuci tangan dan tempat duduk ditata sedemian rupa sesuai protokol kesehatan dan bisa ada yang tidak memakai masker tuan rumah menyediakanya.

Nampak juga satgas covid 19 desa yang dilibatkan dalam pemantauan akan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah timbulnya klaster baru di wilayah Kec. Munjungan.

Redaksi berhasil konfirmasi via telpon Iptu Rohmad Hudi S.Pd Kapolsek Munjungan Polres Trenggalek membenarkan hal itu dengan penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan 3m (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ) diharapkan tidak ditemukan confirmasi positif baru diwilayah Kec. Munjungan. Situasional mengharuskan kita sekalu patuh protokol kesehatan dan memang saat ini semua pihak dapat memakluminya karena situasi pandemi covid 19.