Silaturahmi Upaya Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Polres Trenggalek – Untuk menciptakan dan memelihara kondusifitas Kamtibmas yang aman dan nyaman, salah satu cara yang ditempuh oleh personel Polsek Pogalan adalah dengan melakukan patroli dialogis bersama warga masyarakat.

Kegiatan patroli dialogis bersama warga tersebut seperti yang dilaksanakan oleh Aipda Wahyudi sebagai Bhabinkamtibmas Desa Kedunglurah melakukan tatap muka dan dialogis bersama warga Desa Kedunglurah Kecamatan Pogalan Trenggalek, Sabtu (11/10/2020).

Dalam kegiatan dialogis tersebut selain menampung informasi dan masukan dari warga Desa Kedunglurah juga menyampaikan pesan pesan Kamtibmas kepada warga serta meminta warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan masing-masing serta tetap disiplin melaksanakan protokoler kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

“Kami minta agar warga lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan atau pemukiman terutama pada malam hari dan mewajibkan tamu wajib lapor 1 X 24 jam kepada RT maupun ketua RW Setempat,” kata Aipda Wahyudi.

Ia juga mengajak untuk warga lebih meningkatkan jalinan silaturahmi dan kerukunan antar warga agar tercipta hidup yang rukun dan damai sehingga bila ada sesuatu hal yang terjadi akan lebih bisa untuk diantisipasi secara bersama sama serta seluruh warga juga harus mewaspadai dan jangan mudah terpengaruh berita hoax yang bisa merusak kerukunan hidup bermasyarakat.

“Peran orang tua juga harus ekstra dalam mengawasi pergaulan putra-putrinya yang banyak menghabiskan waktu dirumah maupun diluar rumah mengingat proses belajar mengajar saat ini melalui daring atau media handphone, jangan sampai terpengaruh oleh tipu daya dari para pengedar narkoba sehingga kelak para generasi penerus bangsa ini tidak salah jalan dan tidak terjerumus dalam kenakalan remaja,” pesan Aipda Wahyudi.

Terpisah, Kapolsek Pogalan AKP Mokh Mahmudi, SH saat dikonfirmasi ditempat terpisah menjelaskan bahwa, Kegiatan patroli dan dialogis bersama warga tersebut merupakan suatu bentuk kegiatan preventif untuk mencegahan terjadinya kejahatan dilingkungan masyarakat dan sebagai sarana meningkatkan kemitraan antara Polri dengan masyarakat.