Hadiri Sosialisasi Kerjasama Agroforestry, Aiptu Sumani: Kerjasama ini Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo, Aiptu Sumani, hadiri kegiatan Sosialisasi Kerjasama Agroforestry (Wanatani) dan Peningkatan Kapasitas Pokja LMDH yang digelar di Aula Kantor Desa Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek pada Sabtu (10/10) pagi kemarin.

Kegiatan sosialisasi kerjasama agroforestry dan peningkatan kapasitas pokja LMDH tersebut turut dihadiri oleh Kades Karangrejo Purwadi, S.Pd., Bhabinkamtibmas Karangrejo Aiptu Sumani, ASPER Sumarso, KRPH Sutarno, TPM Bapak Suharyanto, dan masyarakat undangan atau pokja sebanyak 38 orang.

Agroforestri ini sendiri adalah merupakan sistem dan teknologi penggunaan lahan yang dilakukan secara terencana yang menggunakan kombinasi jenis tanaman berkayu dengan tanaman tidak berkayu atau rerumputan dan atau peternakan sehingga membentuk interaksi ekologis dan ekonomis antar tanaman.

Dalam bidang ekonomi sendiri, kerjasama pengelolaan hutan melalui agroforestry ini dapat menguntungkan kedua belah pihak pengelola hutan, yaitu perhutani dan masyarakat, dikarenakan pembagian ruang untuk tanaman kehutanan dan tanaman pertanian masing-masing memiliki tempat/larikan tersendiri sehingga dimasa panen pertanian tidak merusak tanaman kehutanan.

“Kerjasama Agroforestry ini dapat saling menghasilkan dan menguntungkan sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Aiptu Sumani disela giat tersebut.

“Selain itu, penggunaan jenis tanaman yang berkombinasi antara tanaman kehutanan dengan tanaman pertanian dalam agroforestri dapat menjadi salah satu solusi dalam mitigasi bencana banjir” imbuhnya.