Kendati Gerimis Tak Kurangi Semangat Polisi Jaga Kamtibmas Kondusif

Polres Trenggalek – Beberapa hari terakhir, kabupaten Trenggalek memang diguyur hujan meskipun tidak dalam intensitas yang tinggi. Peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan ini tidak kemudian membuat jajaran Kepolisian mengendorkan kegiatannya selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Hal tersebut dibuktikan dengan kegiatan Kepolisian yang tergelar di seputar kota Trenggalek dan wilayah kecamatan lainnya. Petugas nampak berjaga-jaga di ruas jalan dan sebagian diantaranya melakukan patroli dan sekali-kali berhenti pada lokasi yang dinilai cukup rawan.

Pun demikian dengan jajaran Satlantas Polres Trenggalek. Satuan Kepolisian yang membidangi bidang kelalulintasan ini turut ambil bagian menjaga dan memberi jaminan keamanan kepada masyarakat Trenggalek khususnya di seputaran kota Trenggalek.

Dari pantauan tim redaksi, beberapa Polantas ini terlihat tetap bersiaga pada persimpangan maupun lokasi lain yang dinilai arus lalu lintas cukup padat. Tak hanya pengamanan, petugas Satlantas ini juga mengatur lalu lintas dan membantu menyeberangkan jalan masyarakat, meskipun gerimis rintik masih membasahi bumi menak sopal ini. Minggu, (11/10).

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si, menegaskan, Tugas sebagai polisi lalu lintas tidak boleh kendor hanya karena gerimis atau bahkan hujan. Sudah menjadi kewajibannya untuk memberikan kenyamanan dan memastikan bahwa Kamtibselcarlantas benar-benar terjaga dengan baik dan kondusif.

“jadi selain menjaga Kamtibmas juga memastikan bahwa arus lalu lintas lancar, tidak terjadi kemacetan dan mencegah terjadinya kriminalitas, pelanggaran maupun laka lantas.” Ucap AKP Imam.

Lebih lanjut Alumni Akpol tahun 2008 ini menuturkan, mengingat saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, pihaknya bersama jajaran juga memiliki tugas tambahan yakni mengingatkan warga terkait dengan disiplin protokol kesehatan utamanya dalam hal kewajiban mengenakan masker.

“Iya betul. Masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Dalam beraktifitas, termasuk saat berkendara wajib mengenakan masker. Kita dorong agar tumbuh kesadaran mematuhi 4M yakni, memakai masker, mencuci tangan menjaga jarak aman dan menjauhi kerumuman.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan langkah ini, sedikit banyak dapat mencegah penyebaran Covid-19 dan mendukung Kabupaten Trenggalek masuk dalam zona hijau dan bebas Covid-19.