Jelang Pilkada Serentak, Satlantas Cek Kesiapan Personel dan Ranmor

Polres Trenggalek – Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek sudah berjalan sesuai dengan jadwal KPU. Kepolisian selaku penanggung jawab bidang Kamtibmas juga telah menggelar berbagai langkah strategis guna mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan sehat.

Guna mendukung hal tersebut, diperlukan dukungan sarana dan prasarana yang siap pakai jika dibutuhkan sewaktu-waktu termasuk diantaranya adalah kendaraan bermotor (Ranmor) sebagai alat mobilitas.

Untuk memastikan seluruh perangkat pendukung, Satlantas Polres Trenggalek menggelar `Apel Besar` kendranmor operasional jajarannya. Puluhan kendaraan baik roda empat maupun roda dua di apelkan di halaman Mapolres berikut pengemudi yang telah ditunjuk. Senin, (12/10).

Dalam apel yang dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. tersebut, satu persatu kendaraan yang kerap digunakan berpatroli tersebut di periksa kelaikannya. Dari mesin, rotator, ban, rem hingga surat-surat kendaraan termasuk alat kelengkapan keselamatan tak luput dari pemeriksaan.

“Polres Trenggalek telah menggelar Operasi Kepolisian `Mantap Praja Semeru 2020` dimana Satlantas juga dilibatkan dalam proses pengamanan Pilkada serentak di Kabupaten Trenggalek.” Ujar AKP Imam”

“Kita pastikan bahwa semua kendaraan operasional Satlantas ready for use. Jadi, saat dibutuhkan tidak ada lagi alasan kendaraan rusak, macet atau mogok.” Imbuhnya.

Selain kendaraan, dalam kesempatan tersebut, AKP Imam juga mengecek kesiapan personel berikut perlengkapan perorangan yang menyertai dan wajib dibawa oleh setiap personel seperti tongkat T, borgol, jas hujan, senter dan lain-lain.

“Mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan, setiap petugas dilapangan harus mempersiapkan diri dengan baik. Membawa jas hujan, sepatu boot dan senter kedap air. Jadi, meskipun hujan deras tetap bisa bertugas seperti biasa. Demikian pula saat terjadi bencana, bisa digerakkan langsung untuk perbantuan personel.” Ucapnya.

Selain itu, lanjut AKP Imam, demi keamanan dan keselamatan anggota saat bertugas ditengah pandemi Covid-19 pihaknya meminta kepada jajarannya untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak aman baik antar petugas maupun masyarakat.

Anggota Satlantas juga dilengkapi dengan face shield, handsanitizer dan handscoon bahkan disiapkan pula alat pelingdung diri (APD) jika dibutuhkan sewaktu-saktu.

“Alhamdulillah, dari keseluruhan pemeriksaan semua dalam kondisi baik dan laik pakai” Pungkasnya.