Kapolres Trenggalek Apresiasi Inovasi `Patroli Serbu Corona`

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengapresiasi komunitas masyarakat di Sosutan Kelurahan Ngantru. Pasalnya, di lingkungan yang telah diresmikan sebagai Kampung Tangguh Semeru (KTS) ini bekerjasama dengan jajaran Satbinmas Polres Trenggalek telah membuat terobosan yang terbilang kreatif.

Inovasi yang dinamakan `Patroli Serbu Corona` ini merupakan pengembangan ronda keliling kampung yang sudah menjadi tradisi di daerah setempat. Nah, saat patroli berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain, petugas ronda sekaligus mengambil uang jimpitan sebesar Rp. 1.000,- yang telah disiapkan warga diwadah bekas air mineral dan diletakan di depan rumah.

“Kreativitas seperti ini yang kami harapkan agar keberadaan Kampung Tangguh Semeru tidak hanya sebagai upaya menangkal Covid-19, melainkan juga bisa dikembangkan ke Hal lain yang bersifat produkti. Tangguh dari Covid-19, Tangguh keamanannya dan Tangguh Ekonominya.” Ujar AKBP Doni.

Senada, Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum., mengatakan bahwa hasil serbu corona, bila dikumpulkan hasilnya cukup lumayan, bisa digunakan untuk kontribusi dana sosial,  bisa digunakan untuk kas dan yang lain atau bisa dibelanjakan sembako yang nantinya akan disumbangkan kepada warga pandemi virus covid -19 yang membutuhkan.

“Sangat inspiratif dan yang pasti kekompakan dan solidaritas warga akan meningkat selaras dengan kesejahtaraan secara ekonomi.” Jelas AKP Suyono.

Dikonfirmasi saat sambang desa, Bhabinkamtibmas Kelurahan Ngantru Bripka Devit Dwi H.S. mengatakan, selain menumbuhkan roda perekonomian masyarakat dimasa pandemi covid – 19 saat ini, menurutnya kegiatan jimpitan juga mendorong kesadaran warga untuk berperan aktif melaksanakan ronda malam.

“Kami selaku aparat, tanpa didukung peran serta warga hasilnya juga tidak akan maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib, dan nyaman”, terang Bintara yang dikenal murah senyum ini.

“Monggo Poskamling yang lain membuat inovasi serupa. Jadi tunggu apalagi, selama ini baik dan memberi manfaat kenapa tidak ditiru?” pesannya.

Sedangkan Kaposkamling Tangguh Sosutan Kelurahan Ngantru Gunarji menjelaskan bahwa Siskamling dengan sistem patroli jimpitan serbu corona ini, sudah berjalan sejak wilayahnya dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Semeru.

Gunarji menambahkan program patroli serbu corona ini dijalankan setelah menerima asistensi dari Satbinmas Polres Trenggalek, tepatnya diawal masa pandemi covid-19. Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya telah menggelar musyawarah  dengan Bhabinkamtibmas dan tiga pilar dan telah disepakati oleh semua warga dilingkungannya.

“Saat ini terkumpul dengan total mencapai Lebih dari Rp. 10 juta. Tapi terus kami putar untuk beli sembako dan membantu kegiatan kerja bhakti di Musholla dan lingkungan” Ucapnya.