Kapolres Trenggalek: Peran FKPM Sangat Besar dalam Mengelola Kamtibmas

Polres Trenggalek – Peran masyarakat dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif sangat diperlukan. Oleh sebab itu Kepolisian dalam hal ini Polres Trenggalek berupaya menggandeng elemen masyarakat yang ada untuk mendukung dan turut berkontribusi dalam memelihara keamanan berbasis komunitas wilayah. Salah satunya adalah melalui optimalisasi Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM).

FKPM dalam menjalankan fungsinya tidak hanya berkutat pada masalah keamanan belaka tetapi dapat dikembangkan dalam berbagai hal termasuk penanganan Covid-19 hingga aspek sosial dan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat menghadiri kegiatan opetimalisasi FKPM yang digelar di balai rakyat Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Selasa, (13/10).

“Dalam perpolisian masyarakat FKPM dapat berperan sebagai kordinator dalam hal membantu tugas Kepolisian yang ada di lapangan. Ketika ada terjadi masalah yang bersifat kecil dapat diselesaikan melalui FKPM dengan melibatkan semua unsur.” Ujar AKBP Doni

Terkait dengan penanganan Covid-19, AKBP Doni meminta agar FKPM juga turut pro aktif mendorong disiplin protokol kesehatan di tengah masyarakat sehingga ada kesinambungan antara Satgas dengan tugas FKPM.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita yang beredar di lini massa dan media sosial yang belum tentu kebenarannya.

Sementara itu, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh Uun Samson Sugiarto, S.I.P., M.I.Pol., yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyatakan pihaknya sangat mendukung program FKPM tersebut. Dalam pelaksanaan di tingkat desa FKPM dapat berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Babinsa setempat termasuk dalam mencari solusi penyelesaian masalah.

Senada, asisten 1 Sekda Bidang Pemerintahan Dan Kesra Kabupaten Trenggalek Drs. Widarsono, M.M. menuturkan, tidak ada alasan untuk tidak mendukung program FKPM ini. Selain berperan sebagai solutor dalam berbagai permasalahan, FKPM juga dapat berpartisipasi dalam membantu tugas-tugas Kepolisian lainnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum., jajaran Muspika Kecamatan Panggul dan Tiga pilar, tokoh agama serta tokoh pemuda se Kecamatan Panggul.