Kasatlantas Trenggalek: Ayomi Masyarakat dengan Kepedulian dan Empati

Polres Trenggalek – Aksi simpatik Polisi Trenggalek saat bertugas ini patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, petugas yang merupakan personel dari jajaran Satlantas Polres Trenggale ini tak segan membantu seorang nenek yang akan menyeberang jalan di seputaran jalan raya Trenggalek-Ponorogo. Selasa (13/10).

Nenek tersebut memanggul beberapa ikat rumput yang akan digunakan sebagai makanan ternak miliknya. Tak sekedar menyeberangkan, beberapa anggota lainnya pun ikut membantu mengangkat rumput tersebut.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan, Tugas pokok Polri tidak hanya berkutat soal Kamtibmas belaka tetapi juga menyentuh aspek sosial maupun ekonomi masyarakat.

Selain sebagai pelindung dan pelayan, Kepolisian juga bertugas mengayomi masyarakat. Kata pengayom memiliki makna yang luas termasuk didalamnya adalah membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Terlihat sederhana, tetapi perlu kepedulian yang tinggi. Apa yang dilakukan oleh anggota dilapangan seperti membantu menyeberangkan jalan nenek tersebut merupakan gambaran tugas Polri yang dinamis dan harus peka terhadap sesuatu. Wajib turun tangan saat melihat atau mengetahui masyarakat yang membutuhkan pertolongan tanpa diminta” Ungkap AKP Mustolih.

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Ipda Muktar yang kebetulan berada dilokasi tersebut menuturkan, dirinya bersama beberapa anggota ketika itu sedang menggelar patroli tepatnya di Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo. Pada saat sedang melakukan pengaturan jalan, pihaknya melihat nenek tersebut yang baru saja akan pulang setelah seharian mencari pakan rumput untuk ternak miliknya.

Tak mau sekadar berpangku tangan, Ipda Muktar bersama beberapa anggotanya bergegas membantu sang nenek. Tak ayal aksi simpatik inipun menuai apresiasi dari warga yang kebetulan melintas di lokasi tersebut.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami membantu masyarakat” Pungkasnya.