Mantap, Daftar SIM di Trenggalek Sekarang Semakin Mudah

Polres Trenggalek – Guna meningkatkan pelayanan publik, Satpas SIM Polres Trenggalek meluncurkan pendaftaran SIM secara online. Terobosan kreatif ini dimaksudkan untuk mempermudah para pemohon SIM untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu tanpa harus mengantri.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. menuturkan, inovasi ini merupakan wujud keseriusan jajaran Polres Trenggalek untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan publik.

“Masyarakat pemohon SIM, baik baru, perpanjangan, alih golongan maupun  penggantian SIM hilang atau rusak bisa mendaftarkan diri melalui website http://simpolrestrenggalek.com/. Jadi tidak perlu mengantri. Pemohon tinggal mencetak registrasi dan menyerahkan kepada petugas.” Jelas AKP Imam

AKP Imam menegaskan selain untuk mengurangi jumlah antrian mengingat masih dalam masa pendemi Covid-19, pemohon juga bisa memilih hari dan tanggal menyesuaikan dengan kesibukan masing-masing.

“Ada prioritas bagi pemohon yang mendaftar secara online” Imbuhnya.

Dari pengamatan tim redaksi saat mencoba pendaftaran SIM online tersebut, halaman website dibuat sangat sederhana sehingga tidak berat pemohon ketika membuka. Ditampilan depan terdapat empat menu utama yakni info, pendaftaran SIM online, cetak ulang dan contact.

Pada bagian menu info, terpampang informasi terkait dengan persyaratan pendaftaran, perpanjangan SIM, pengalihan golongan SIM, perubahan Data Pengemudi, penggantian SIM karena rusak atau hilang hingga jenis dan tarif PNBP SIM.

Untuk pendaftaran SIM online itu sendiri cukup mudah, pemohon tinggal mengisi data yang ada diantaranya tanggal kedatangan, jenis permohonan SIM, No SIM, golongan SIM, NIK, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, tinggi badan, golongan darah, pekerjaan, alamat lengkap, pendidikan terakhir, berkacamata atau tidak, cacat fisik bila ada, no telepon dan email.

Setelah mengisi lengkap, pemohon tinggal klik submit pada bagian bawah dan akan mendapat halaman baru berupa bukti registrasi SIM online Polres Trenggalek. Lembar regitrasi ini kemudian dicetak dan diserahkan kepada petugas sesuai dengan tanggal kedatangan.