Canggih, Polres Trenggalek Gunakan Alat Pemindai Suhu Tubuh Otomatis

Polres Trenggalek – Keseriusan jajaran Polres Trenggalek dalam hal pencegahan Covid-19 di lingkungan markas komando (Mako) patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, Mako Polres Trenggalek merupakan salah satu lokasi yang memang banyak dikunjungi oleh masyarakat khususnya terkait dengan pelayanan maupun laporan dan pengaduan.

Guna mengantisipasi penularan Covid-19, Polres Trenggalek telah menyiapkan perangkat pengukur suhu tubuh otomatis. Alat yang berbentuk balok panjang kebawah ini di tempatkan tepat dipintu masuk area Mapolres dan beberapa ruang pelayanan publik.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menuturkan, setiap anggota maupun warga yang masuk Mako diwajibkan untuk mengukur suhu tubuh dan cuci tangan di tempat yang telah disediakan terlebih dahulu. Jum`at, (16/10).

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya optimalisasi Polres Trenggalek yang telah dicanangkan sebagai Kstarian Tangguh Semeru dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Iya benar, jadi kita telah memiliki perangkat pendukung berupa alat pengukur suhu tubuh otomatis.” Ujar AKBP Doni.

Sebelumnya, pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan cara manual. Setiap hari harus ada beberapa petugas yang stanbay untuk memeriksa suhu tubuh anggota dan masyarakat menggunakan thermal gun.

“Alat ini lebih efektif karena cukup berdiri didepan dan langsung terlihat angka yang menunjukkan suhu tubuh. Dan petugas juga tidak perlu repot karena sudah tersambung dengan layar monitor yang berada diruang penjagaan.” Imbuhnya

Pihaknya berharap, dengan alat pemindai suhu otomatis ini mampu mengoptimalkan pencegahan sekaligus sebagai tracing awal penyebaran Covid-19 serta dapat menekan angka penularan di Kabupaten Trenggalek.