Senin Tertib, Kanit Provos Polsek Dongko : Minimalisir Pelanggaran

Polres Trenggalek – Mengingat pagi ini turun hujan Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., dengan ajudan Kanit Provos AIPDA Joni Dwi Cahyanto mengambil pelaksanaan apel barak yang berlokasi di gedung serbaguna Mako sementara Polsek Dongko Polres Trenggalek.

Setelah dilakukan laporan kelengkapan jumlah personel oleh Komandan regu apel yakni Kanit Sabhara AIPTU Muryanto, selanjutnya Kapolsek Dongko AKP Rohadi memberikan amanat dan penekanan kepada anggota terkait tugas dan tanggung jawab memelihara Kamtibmas.

Usai amanat dan penekanan, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan rutin untuk penegakan ketertiban dan kedisiplinan (gaktibplin) oleh Kapolsek beserta Kanit Provos kepada seluruh anggota.

Dari kegiatan pemeriksaan tersebut, terlihat Kapolsek dan Kanit Provos dengan seksama mengecek mulai sikap tampang, kebersihan hingga kelengkapan kartu tanda pengenal diri pribadi dan surat-surat kendaraan dinas maupun pribadi milik anggota.

Dikonfirmasi tim ini, Kanit Provos Polsek Dongko Polres Trenggalek AIPDA Joni Dwi Cahyanto mengungkapkan jika kegiatan pemeriksaan atau pengawasan internal atau gaktibplin ini dilakukan setiap hari senin dan dinamai senin tertib yang bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran serta penegakan disiplin Polri.

“Kegiatan ini dinamai Senin Tertib yang bertujuan untuk
pemeriksaan atau pengawasan internal atau gaktibplin guna meminimalisir pelanggaran juga melakukan pengawasan ketertiban dan kedisiplinan anggota Kepolisian.” Ungkapnya

Sebagai anggota Polri dalam pelaksanaan tugas wajib mentaati peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang berlaku. Dan dari pemeriksaan Gaktibplin hari ini tidak ditemukan adanya pelanggaran oleh anggota. Tambah AIPDA Joni Dwi Cahyanto.

Sementara Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi menambahkan dari kegiatan apel dan gaktibplin ini adalah untuk membudayakan sikap kepatuhan terhadap aturan.

“Gaktibplin akan terus dibudayakan, karena selain membentuk perilaku disiplin anggota Polri, juga memberdayakan unit Provos selaku pengamanan internal harus melaksanakan tugasnya dengan baik.” Ujar Kapolsek Dongko.

Dengan ini, mindset dan kulturset Polri dapat berubah sesuai tugas pokok fungsinya serta bisa menjadi panutan masyarakat tentang kepatuhan sekaligus disiplin menjalankan amanah undang-undang. Tukas AKP Rohadi.