Kasatlantas Trenggalek Pimpin Langsung Operasi Zebra Semeru 2020

Polres Trenggalek – Hari pertama dimulainya operasi Zebra Semeru 2020, Satlantas Polres Trenggalek telah menggelar berbagai kegiatan baik preemtif, preventif maupun represif. Salah satunya adalah dengan menggelar razia dan penegakan hukum bidang lalu lintas.

Tak mau sekadar dibelakang meja, Kasatlantas Polres Trenggalek  AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. memimpin langsung razia kendaraan bermotor yang digelar disimpang tiga Jarakan tepatnya di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) masuk Desa Karangsoko Kecamatan Trenggalek ini. Senin, (26/10).

“Iya benar, hari ini Satgas Gakkum Operasi Zebra Polres Trenggalek menggelar razia di seputaran kota Trenggalek.” Ujar AKP Imam.

“Memastikan bahwa semua berjalan sesuai dengan SOP yang ada” Imbuhnya

Dalam kegiatan ini lanjut AKP Imam, selain memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, petugas juga mengecek penggunaan masker dan menyampaikan imbauan terkait pencegahan Covid-19.

Disinggung tentang sasaran Operasi Zebra Semeru 2020, AKP Imam menuturkan pihaknya mengutamakan cara bertindak persuasif humanis dengan 40% preemtif, 40% preventif dan 20% penegakan hukum.

“Sasaran prioritas seperti Pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, pengendara dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, pengemudi yang terpapar Narkoba atau Miras, melawan arus dan melebihi batas kecepatan dan ugal-ugalan dan tidak sesuai spektek serta overload” Imbuhnya

Dalam razia kali ini, belasan pengendara terpaksa harus dikenai tindakan tilang karena melanggar aturan lalu lintas dan beberapa lainnya diminta balik kanan akibat tidak mengenakan masker.

AKP Imam berharap, dengan digelarnya Operasi Zebra Semeru ini bisa menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19.