Sejumlah Bhabinkamtibmas Ikuti Pelatihan Aplikasi Trenggalek Mantap

Polres Trenggalek – Sejumlah Bhabinkamtibmas Polres Trenggalek mengikuti pelatihan aplikasi Trenggalek Mantap. Aplikasi ini merupakan langkah Polres Trenggalek untuk meningkatkan kualitas dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Senin, (26/10).

Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. yang membuka pelatihan tersebut mengatakan dalam rangka percepatan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kapolres Trenggalek memiliki program aplikasi Trenggalek Mantap meliputi 6 fitur yaitu Pengaduan, Panic Button, Kampung Tangguh Semeru, layanan Masyarakat dan informasi, Menak Sopal dan info cuaca.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung keberhasilan dalam kegiatan tugas Kepolisian, yang mana merupakan garda terdepan di desa desa dalam menjaga Harkamtibmas. Untuk menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Malayani (WBBM), Pihaknya meminta Bhabinkamtibmas harus benar benar mampu berperan aktif dalam tugas di lapangan sebagai pelayan masyarakat. Salah satunya melalui media aplikasi Trenggalek Mantap tersebut.

“Tugas Bhabinkamtibmas nanti adalah mensosialisasikan dan memandu aplikasi Trenggalek Mantap ini agar masyarakat memahami dan bisa merasakan manfaatnya secara maksimal.” Jelas Kompol Mujito.

Selain itu masih kata Kompol Mujito, seorang Bhabinkamtibmas harus open terhadap situasi di wilayah desa binaan masing-masing supaya bisa mengetahui permasalahan sekecil apapun di desa binaanya baik pelanggaran, maupun potensi kerawaman agar bisa cepat diambil langkah-langkah yang diperlukan.

“Terkait pandemi covid-19, selalu lakukan kordinasi bersama 3 Pilar dalam segala hal untuk melakukan langkah terkait penanggulangan, penanganan dan sebagainya.” Ujar Kompol Mujito.

“Dengan sudah tiba musim penghujan, terus pantau situasi daerah rawan bencana dan laporkan pada kesempatan pertama pada pimpinan” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. yang bertindak selaku instruktur menuturkan, setiap Bhabinkamtibmas dan anggota Polri wajib mengunduh aplikasi tersebut dan menyebarluaskan kepada masyarakat.

“Manfaat dari aplikasi ini sangat besar. Masyarakat bisa melaporkan tentang apapun dan mengetahui informasi terkini tentang dinamika Kamtibmas di Trenggalek. Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri di tingkat desa agar mensosialisasikan secara masif di desa binaan masing-masing” Ucap AKP Suyono.

Sebagai informasi, aplikasi Trenggalek Mantap ini menurut rencana akan di launching besok tanggal 27 Oktober 2020 di Hotel Bukit Jaas Permai dan akan dihadiri langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, S.I.K., M.Si.