Cipta Kamtibmas Kondusif Pilkada 2020, Polres Trenggalek Gelar Sosialisasi Bijak Bermedsos

Polres Trenggalek – Memasuki tahapan kampanye Pilkada serentak tahun 2020, jajaran Polres Trenggalek terus menggiatkan berbagai langkah preemtif dan preventif guna menjaga stabilitas Kamtibmas tetap kondusif.

Menggandeng komunitas pecinta vespa, Subbaghumas Bagops Polres Trenggalek menggelar sosialisasi bijak bermedia sosial yang diselenggarakan di Cangkir Wening Coffee and resto yang berada di Kelurahan Ngantru Kota Trenggalek. Rabu, (11/11)

Dalam acara yang dikemas santai tapi serius tersebut, bertindak sebagai nara sumber adalah kasubbaghumas Bagops Polres Trenggalek Iptu Bambang Purwanto, S.H., M.H. didampingi Brigadir Futo Parietal yang merupakan penggiat media sosial dan sudah berpengalaman dibidang dunia maya.

Iptu Bambang dalam materinya menyampaikan bahwa media sosial memang banyak memiliki manfaat posisitf dan membuka ruang komunikasi yang luas dengan siapa saja tanpa mengenal batasan jarak, ruang dan waktu. Namun disi yang lain media sosial juga membawa dampak negatif jika digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum.

Pada masa kampanye Pilkada ini, media sosial juga dimanfaatkan untuk menarik simpati publik. Pada aspek yang lain, tak jarang media sosial justru digunakan sebagai sarana menyebar hoax, provokasi, adu domba maupun ujaran kebencian oleh orang yang tak bertanggung jawab yang berujung pada perpecahan dan memudarnya nilai persatuan dan kerukunan antar masyarakat.

“Jangan mudah membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya. Chek and rechek sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman atau bahkan perpecahan” Ujar Iptu Bambang

“Pilihan boleh beda, tapi harus tetap guyup rukun” Imbuhnya

Iptu Bambang menuturkan, pihaknya mengimbau, bagi masyarakat yang telah memiliki hak pilih tidak Golput dan menyalurkan suaranya pada gelaran pesta demokrasi yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Mari bersama-sama kita sukseskan Pilkada Kabupaten Trenggalek yang aman dan sehat” Ucapnya.

Sementara itu, Brigadir Futo menegaskan bahwa dunia media sosial memiliki cakupan yang sangat luas. Siapa saja bisa menjadi siapa saja. Untuk itu, pihaknya meminta agar lebih jeli dan berhati-hati dalam mengunggah maupun berkomentar menyikapi informasi yang diterima.

“Jangan ditelan mentah-mentah. Chek dulu kebenarannya, jika perlu konfirmasi kepada pihak yang berkompeten. Ingat, ada undang-undang ITE yang mengatur dan ada sanksi hukum bagi yang melanggar” kata Brigadir Futo

Terkait Pilkada, pria berkacamata ini mengajak anggota komunitas vespa yang hadir untuk membantu Kepolisian menciptakan suasana sejuk dan damai sehingga gelaran Pilkada Kabiupaten Trenggalek dapat berlangsung sukses, aman dan kondusif.