Beri Pelatihan PBB Kepada Anggota Linmas, Aiptu Nanang : Harus Ekstra Sabar, Sebagian Berusia 50an Tahun

Polres Trenggalek – Seperti diberitakan sebelumnya, sedikitnya 40 anggota Linmas se-Kecamatan Bendungan hari ini menjalani bimbingan teknis.

Kegiatan yang dipusatkan di balai Desa Dompyong dan di lapangan depan kantor Kecamatan Bendungan ini melibatkan instruktur dari Polsek, Koramil, dan staf Kecamatan Bendungan, Jumat (13/11/2020).

Selain dipersiapkan secara matang untuk menghadapi gelaran Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 nanti, pelaksanaan Bimtek tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme anggota Linmas.

Menginjak sesi kedua yang dilaksanakan usai salat Jumat tadi, Aiptu Nanang Edi Purwanto tampak memberikan penjelasan materinya di depan barisan anggota Linmas.

“Sesi pertama tadi berupa pembelajaran dalam kelas yang diawaki pak Wakapolsek Bendungan. Nah, sesi kedua ini kita isi dengan pelatihan baris-berbaris, 12 gerakan pengaturan lalu lintas, dan metode pengamanan Pilkada meliputi pengawalan logistik dan pola pengamanan di TPS,” kata Aiptu Nanang.

Bintara senior yang juga menjabat sebagai Kanitprovos Polsek Bendungan ini dengan tegas memberikan setiap aba-abanya kepada seluruh peserta.

Sesekali ada beberapa anggota Linmas yang keliru dalam mengikuti gerakan yang dicontohkan Aiptu Nanang.

“Metodenya step by step. Kita berikan teori dulu secara singkat kemudian diberikan contoh gerakannya oleh Aipda Budi Utomo yang ikut membantu kegiatan siang hari ini. Terkadang ada yang tidak fokus, tapi ya tetap kita arahkan pelan-pelan. Harus ekstra sabar. Maklum, sebagian anggota Linmas juga ada yang berusia 50an tahun,” jelas Aiptu Nanang sambil tersenyum.

Materi demi materi terus diajarkan Aiptu Nanang kepada seluruh peserta.

Diselingi jok-jok segar agar rangkaian pelatihan teknis tersebut tak membuat peserta cepat bosan dan lelah.

“Syukurlah, cuaca hari ini sedikit mendung, jadi peserta tidak terlihat cemas atau mengeluh capek. Usai menjalani Bimtek hari ini diharapkan seluruh peserta mempraktekkan di desanya masing-masing. Nanti pendampingan diteruskan kepada Bhabinkamtibmas atau Babinsa,” pungkasnya.