Peran Serta Linmas sebagai Pendukung Kamtibmas Kondusif di Lingkungan Masyarakat

Polres Trenggalek – Linmas adalah mitra Polri dalam menjaga Sitkamtibmas kondusif di tengah-tengah masyarakat.

Pernyataan itulah yang disampaikan Ipda Siswanto, S.H. saat menjadi narasumber bimbingan teknis anggota Linmas se-Kecamatan Bendungan siang hari tadi, Jumat (13/11/2020).

Di hadapan sedikitnya 40 anggota Linmas tersebut, Perwira yang sehari-hari menjabat sebagai Wakapolsek Bendungan ini juga menyampaikan peran penting Linmas sebagai garda terdepan bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

“Polri sangat terbantu dengan peran serta bapak-bapak Linmas ini. Oleh karena itu, seorang anggota Linmas harus lebih cekatan dan handarbeni dengan situasi yang terjadi di lingkungan sekitarnya,” ujar Ipda Siswanto.

Meneruskan penjelasannya, Ipda Siswanto juga mengajak seluruh anggota Linmas menjadi pelopor disiplin protokol kesehatan.

“Sampai detik ini kita semua masih berjuang melawan pandemi Covid-19. Tentu upaya tersebut tidak sepenuhnya berjalan lancar tanpa dukungan dari segenap elemen masyarakat termasuk Linmas. Maka, anggota Linmas wajib menjadi pelopor disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Lebih sempurna lagi jika rutin memberikan edukasi tentang pentingnya pencegahan melalui penerapan 3M,” jelasnya.

Sementara itu, menghadapi even Pilkada Serentak tahun 2020, Ipda Siswanto juga berpesan agar anggota Linmas ikut berpartisipasi dalam upaya menjaga kerukunan seluruh warga.

“Selain ikut mengamankan pelaksanaan Pilkada nanti, seluruh anggota Linmas harus berpartisipasi menciptakan suasana kedamaian dan kerukunan warga. Upaya ini bisa disampaikan saat ada kegiatan di desa masing-masing. Ajak warga tetap rukun walau berbeda pilihan,” tandas Ipda Siswanto.

Tak cukup itu saja, Ipda Siswanto juga minta anggota Linmas terus bersinergi dengan Tiga Pilar dalam mengawal keberlangsungan pembangungan di tingkat desa.

Menjelang salat Jumat, pelaksanaan Bimtek sesi pertama tersebut usai.

“Sesi dalam kelas ini selesai sebelum Jumatan. Sesi selanjutnya yakni sesi pelatihan PBB dan pola pengamanan Pilkada dilanjutkan oleh Aiptu Nanang Edi Purwanto di lapangan depan kantor Kecamatan Bendungan,” pungkasnya.