Lestarikan Sumber Air, Pak Bhabin Berpartisipasi Tanam Pohon di Hutan

Polres Trenggalek – Peran nyata anggota Polri yang peduli akan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam seperti air dan tumbuhan dibuktikan oleh Aipda Gunawan, personil Polsek Kampak yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Desa Sugihan, dengan berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon di daerah binaannya. Jum’at (13/11).

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat musim kemarau di wilayah di Kabupaten Trenggalek khususnya yang berada di lereng pegunungan banyak yang mengalami kekurangan air bersih. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya pasokan air bersih dari wilayah hutan sebagai lumbung air untuk penduduk sekitar.

Oleh karenanya, guna melestarikan sumber air yang ada di wilayah Desa Sugihan kemarin pagi para anggota Perangkat Desa, anggota BPD, ibu-ibu PKK Desa Sugihan bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa melaksanakan program penanaman pohon-pohon produktif di kawasan hutan Dusun Ngimer Desa Sugihan Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek.

Berdasarkan penuturan Aipda Gunawan, bahwasanya mulai pukul 08.30 WIB kemarin, para anggota Perangkat Desa, BPD, dan PKK desa Sugihan dengan dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa, melakukan penanaman berbagai macam jenis tumbuhan, seperti bibit jengkol, trembesi, pucung, alpukat, dan petai di kawasan hutan Dusun Ngimer.

“Pohon-pohon yang telah ditanam ini, diharapkan nantinya dapat menjadi hutan lindung yang dapat bermanfaat untuk warga sekitar baik hasil tanamannya sendiri maupun fungsinya sebagai pencegah erosi dan banjir sekaligus untuk menjaga penyerapan air pada tanah yang dapat digunakan sebagai sumber air bersih untuk warga sekitarnya”, ujar Aipda Gunawan.