Tim Asistensi ZI Pemprov Jatim Puji Inovasi Pelayanan Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek kembali menerima kunjungan istimewa. Dalam rangka zona Integritas (ZI) menuju predikat Wilayah Briokrasi Bersih Melayani (WBBM), Polres Trenggalek menerima kunjungan kerja dari Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur. Sabtu, (14/11).

Tim yang dipimpin oleh Heni Purwaningsih S.E disambut hangat oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. didampingi sejumlah pejabat utama Polres Trenggalek.

“Iya benar, kunjungan kerja dalam rangka asistensi dan supervisi pelayanan publik dimana Polres Trenggalek saat ini sedang berjuang meraih WBBM” Ungkap AKBP Doni.

Kegiatan diawali dengan menampilkan video company profile Polres Trenggalek yang menggambarkan secara singkat berbagai inovasi dan terobosan kreatif yang telah diluncurkan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik seiring dengan kamtibmas yang kondusif.

AKBP Doni menerangkan, Polres Trenggalek telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sejak tahun 2018 yang lalu. Pihakny ajuga menjelaskan tentang progres dan capaian yang telah dilakukan guna meningkatkan mutu pelayanan prima di jajaran Polres Trenggalek.

Beberapa ide kreatif yang telah diluncurkan oleh jajaran polres Trenggalek diantaranya, aplikasi Trenggalek Mantap dimana didalamnya terdapat fitur menarik mulai dari pelayanan covid-19, laporan/pengaduan online hingga reminder yang merupakan fitur pengingat jika masa berlaku SIM, Pajak kendaraan dan SKCK akan habis.

Inovasi lainnya ada layar tancep dimana kita buka layanan keliling terpadu, kemudian sambel mantap khus bagi masyarakat difabel, merpati mantap atau SKCK Delivery dan IKM digital berbasis barcode yang merupakan pertama di Indonesia. Masyarakat bisa memberikan penilaian objektif terhadap layanan yang diberikan dan mencegah manipulasi data.

“Tidak hanya inovasi yang terbarukan tetapi aspek sumberdaya manusia juga kita perhatikan utamanya perubahan pola pikir dan budaya kerja yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.” Jelas AKBP Doni.

“Juga evaluasi secara periodik untuk mengetahui sejauh mana progres telah dilakukan serta membuka ruang seluas-luasnya untuk menampung masukan dari masyarakat” Imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Heni Purwaningsih menyatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek.  Pihaknya juga memuji ide kreatif yang jauh dari ekpetasinya.

“Disini ternyata lebih istimewa dari yang dibayangkan. Polres Trenggalek sangat welcome kepada masyarakat” Pujinya

Dalam asistensi dan supervisi ini lanjut Heni, pihaknya memfokuskan pada terobosan, kompensasi pelayanan serta pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung mekanisme pelayanan menjadi lebih mudah.

Termasuk didalamnya adalah hasil survei dan tindaklanut, penguatan akuntabilitas, laporan kinerja serta bagaimana progres yang telah ditetapkan dijalankan dengan baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan langsung ruang pelayanan dari SKCK, SPKT dan Satpas SIM sert aruang pelayanan Kepolisian lainnya.