Akhir Pekan, Petugas Gabungan di Kecamatan Watulimo Kembali Tertibkan Prokes

Polres Trenggalek – Puluhan petugas gabungan yang terdiri dari Kepolisian Sektor Watulimo Polres Trenggalek bersama aparat TNI dan Satpol PP menggelar penertiban dan operasi yustisi protokol kesehatan di sejumlah tempat di Watulimo Kabupaten Trenggalek. Operasi ini sengaja dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Minggu (15/11).

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H mengatakan, Watulimo adalah wilayah pesisir selatan yang juga merupakan lokasi wisata dimana relatif banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai kota khususnya pada libur akhir pekan atau malam Minggu. Di sisi yang lain, di kecamatan ini juga terdapat banyak warung, kafe dan tempat hiburan yang berpotensi menjadi tempat kerumunan selain berbatasan langsung dengan Kabupaten tetangga yakni Tulungagung.

“Operasi dan penertiban ini akan terus kami gelar secara konsisten. Tujuannya adalah mendisiplinkan masyarakat tentang kewajiban menerapkan protokol kesehatan.” Tegas AKP Suraji.

Puluhan petugas gabungan yang tak lain adalah tim penegak disiplin Protokol kesehatan Kecamatan Watulimo ini langsung bergerak menuju lokasi yang telah ditentukan sebelumnya. Alhasil, sejumlah warga yang tak mengenakan masker ataupun melanggar protokol kesehatan lainnya dibawa ke kantor Kecamatan Watulimo dan harus mengikuti sidang.

AKP Suraji menambahkan, operasi yustisi merupakan implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2020, Persa Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan Perbup Trenggalek nomor 31 tahun 2020, dimana secara tegas memberikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan mulai dari teguran hingga denda.

“Perlu kami sampaikan bahwa Kabupaten Trenggalek yang sebelumnya zona oranye saat ini telah berubah masuk zona kuning. Artinya tingkat risiko penyebaran rendah. Ini adalah hasil kerja keras kita semua.” Ujar AKP Suraji

“Tentunya harus dibarengi dengan peningkatan disiplin tinggi dan konsistensi menerapkan protokol kesehatan.” Imbuhnya.

Dalam operasi ini, petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan meminta kepada masyarakat yang melintas di jalan Raya Pantai Prigi untuk menjaga jarak aman atau physical distancing. Disamping itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan protokol kesehatan dan membagikan masker gratis.