Gencar Operasi Yustisi Bersama Satgas Covid-19, Belasan Pelanggar Dapat Sangsi

Polres Trenggalek – Satgas Disiplin Protokol Kesehatan Kecamatan Karangan Gabungan dari Polsek Karangan, Koramil Karangan, juga Sat Pol PP Karangan, makin aktif menggelar Operasi Yustisi, sebagai upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini masih belum dipastikan hilang.

Sasaran penertiban sekaligus penggelaran operasi yustisi tersebut difokuskan di jalan raya Karangan – Trenggalek juga area Pasar Kecamatan Karangan.

“Satgas Disiplin Prokes Kecamatan Karangan terus melakukan penertiban sekaligus penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Sasaran operasi yustisi kali ini di fokuskan warga yang melintas jalan raya Karangan – Trenggalek serta Area Pasar Kecamatan Karangan,” ujar Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H. Selaku Pengendali dalam Operasi Yustisi tersebut.

Di lokasi kegiatan tampak beberapa petugas menghentikan kendaraan warga yang kedapatan tak mengenakan masker.Tak hanya diberikan teguran lisan saja, petugas pun memberikan hukuman berupa pembinaan fisik kepada pelanggar Prokes juga pernyataan berjanji untuk menggunakan masker saat aktifitas.

“Selain teguran lisan, pelanggar dilakukan pembinaan fisik. Jika masih membandel, tak menutup kemungkinan hukuman ditingkatkan lagi berupa denda sebagaimana ketentuan yang berlaku. Sebagai efek jera,” ujar AKP Tri Basuki.

Di lokasi yang sama, sambil terus melaksanakan pemantauan, petugas juga memberikan edukasi tentang pentingnya kepatuhan terhadap 3M dan pola hidup yang sehat.

“Masyarakat juga terus kami edukasikan untuk menerapkan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pola 3M sudah menjadi gaya hidup utama untuk menghadapi pandemi saat ini,” tandasnya.

Masih kata AKP Tri Basuki, tak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar Prokes saja, tim gabungan tersebut juga menyampaikan pesan agar warga senantiasa mematuhi tata tertib berlalu lintas utamanya tentang penggunaan helm juga kelengkapan berkendara.

“Masyarakat secara umum tetap kami imbau juga agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Jauh dekat wajib menggunakan helm demi keselamatan saat berkendara,” tuturnya