Galakkan Edukasi 3M, Upaya Polsek Bendungan agar Wilayahnya Tetap di Zona Hijau

Polres Trenggalek – Sejumlah warga di Kecamatan Bendungan harus berurusan dengan Satgas Disiplin Protokol Kesehatan.

Tak kurang dari 7 warga ini terpaksa diamankan petugas lantaran tak mengenakan masker.

Pelaksanaan operasi yustisi yang digelar pagi tadi itu dipimpin Wakapolsek Bendungan, Ipda Siswanto, S.H., Senin (16/11/2020).

Melibatkan beberapa anggotanya, sasaran operasi pun difokuskan di warung kopi dan permukiman warga yang ada di sepanjang jalur utama Trenggalek-Bendungan.

“Satgas Disiplin Prokes Kecamatan Bendungan tak lelah melakukan penertiban sekaligus penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Hal ini agar kesadaran masyarakat terhadap 3M terus meningkat,” ujar Ipda Siswanto.

Sementara itu, petugas pun memberikan tindakan berupa teguran lisan dan pendataan kepada para pelanggar.

“Masih terdapat warga yang abai terhadap kewajiban memakai masker. Teguran lisan dan pendataan ini yang terakhir kalinya. Jika dikemudian hari yang bersangkutan diketahui melanggar lagi, maka penjatuhan hukuman selanjutnya berupa denda,” tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa penggunaan masker merupakan hal wajib dan sudah menjadi gaya hidup masyarakat di tengah pandemi saat ini.

“Masyarakat terus kami edukasikan untuk menerapkan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pola 3M sudah menjadi gaya hidup utama untuk menghadapi pandemi saat ini,” tandasnya.

Tak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar Prokes saja, Ipda Siswanto dan tim juga mengimbau warga agar mematuhi tata tertib berlalu lintas utamanya tentang penggunaan helm.

“Kepada pelanggar kami imbau agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Jauh dekat wajib menggunakan helm demi keselamatan saat berkendara,” pungkasnya.