`Layar Tancep` Kembali Digelar, Warga Nilai Sangat Membantu

Polres Trenggalek – Animo masyarakat atas digelarnya program `layar tancep` masih cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan warga yang memadati lapangan Durenan, lokasi digelarnya Layar Tancep atau layanan masyarakat terpadu dan cepat Polres Trenggalek. Senin, (16/11).

Layar Tancep Polres Trenggalek ini menghadirkan beberapa layanan keliling yang dapat diakses langsung oleh masyarakat tanpa harus mendatangi layanan induk di Mapolres diantaranya, perpanjangan SIM, SKCK, laporan pengaduan dan pembayaran pajak kendraaan yang digelar dalam satu lokasi.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolis, S.H., S.I.K., M.Si. yang turut hadir memimpin langsung kegiatan layar tancep tersebut mengatakan, antusiasme masyarakat memang terbilang cukup tinggi khususnya pada pelayanan SIM keliling dan Samling. Bahkan saking ramainya, petugas sempat sedikit kewalahan dan harus mengatur antrian.

“Iya benar, layar tancep ini mendapat respon positif dari masyarakat.” Ujar AKP Imam

AKP Imam menambahkan, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 semua pengunjung atau pemohon layanan Kepolisian wajib mentaati protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan di tempat yang telah disediakan dan menjaga jarak aman.

“Sistem antrian kita buat berjarak minimal 1-2 meter dan jumlahnya kita batasi.” Imbuhnya.

Tak sekedar berpangku tangan, AKP Imam juga turun tangan mengatur antrian warga agar tidak berjubel. Selain itu, AKP imam juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mensosialisasikan tentang tertib berlalu lintas yang berkeselamatan kepada para pengunjung.

Bukan itu saja, perwira pertama alumni Akpol tahun 2008 ini juga menjelaskan tentang mekanisme palayanan dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sehingga pelayanan dapat berlangsung lebih cepat.

Dalam layar tancep ini, Pihak Kepolisian juga menurunkan unit Satbinmas yang bertugas melakukan pembinaan masyarakat dengan menyampaikan imbauan Kamtibmas melalui kendaraan operasional Binmas serta membagikan masker gratis kepada setiap pengunjung

Selain itu, dilibatkan pula Urkes dan beberapa tenaga medis untuk memantau dan mengawasi penerapan protokol kesehatan selama layar tancep berlangsung, termasuk memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung yang akan masuk ke lokasi layanan.

Dari pengamatan tim redaksi, Layar tancep yang digelar kali ke-4 ini memang mendapat sambutan cukup positif dari masyarakat dimana jauh hari sebelumnya memang telah di publikasikan jadwal kunjungan di Kecamatan Durenan sehingga masyarakat juga berbondong-bondong memanfaatkan kemudahan layanan ini.

Seperti yang disampaikan Nanik, salah satu warga Durenan yang sejak pagi telah hadir di lapangan Durenan untuk mengurus perpanjangan SIM C miliknya yang masa berlakunya akan habis.

Pihaknya merasa sangat terbantu dengan program layar tancep ini. Karena kesibukannya sebagai pedagang terkadang keselulitan jika harus mengurus ke Polres yang berada di pusat kota dan jarak tempuh relatif jauh.

“Sangat terbantu. Pelayanan juga cepat dan petugasnya ramah-ramah. Matur nuwun pak Polisi.” Ucapnya.