Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Usaha Pertanian dengan Memanfaatkan Lahan Pekarangan

Polres Trenggalek – Pagi ini, Selasa (17/11) Bhabinkamtibmas Desa Kerjo Polsek Karangan Polres Trenggalek Bripka Didik Hari Asmoro hadir di Aula Balai Desa Kerjo guna mengikuti giat Pembukaan PKK Pokja 3 Desa Kerjo tentang Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan di masa Pandemi Covid-19 tahun 2020.

Hadir dalam acara tersebut, Ibu penggerak PKK Kecamatan Karangan Sdri. Winarsih,S.Pd, Pengisi Materi dari Dinas Pertanian Sdr. Ruli Budianto,M.Pd, Kepala Desa Kerjo Sdr. Rebo, Bhabinkamtibmas Desa Kerjo Bripka Didik H.A, Babinsa Desa Kerjo Sertu Karno serta Kader Posyandu Desa Kerjo.

Sdr. Ruli Budianto dari Dinas Pertanian menyampaikan beberapa hal diantaranya; “Dengan adanya Pokja 3 ini, usaha pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan yang dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga diharapkan tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga, namun dapat juga mengurangi pengeluaran bahkan meningkatkan pendapatan rumah tangga jika dikelola secara maksimal,” ucapnya.

Dia berharap setiap rumah tangga mampu memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan, serta pendapatannya.

“Ini sangat strategis tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan rumah tangga, terlebih pada kondisi pandemi saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Sdr Ruli mengatakan, dalam kondisi seperti sekarang ini, pemanfaatan lahan pekarangan benar- benar dirasakan manfaatnya. Menurutnya ketahanan pangan bukan saja tentang kecukupan bahan pangan, namun juga menyangkut kemampuan memproduksi sendiri bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Usai penyampaian materi kegiatan diakhiri dengan do’a dan penutup. Selama kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan terkendali.