Penyerahan Sertifikat PTSL Tahap Tiga Bhabinkamtibmas Ada

Polres Trenggalek – Penyerahan sertifikat Program PTSL (pendaftaran tanah sistimatis lengkap) tahap ke 3 Tahun 2019 jumlah 470 kepada masyarakat Desa Joho hari ini tersalurkan, Selasa ( 17/11 ). Hal itu dikatakan Bhabinkamtibmas desa setempat Bripka Sigit Budiarso saat mengawal jalanya kegiatan pembagian sertifikat.

Hadir dalam kegiatan dimaksud Kepala desa Joho Pak Sali, Ketua team Ibu Erni Hermawati beserta 4 anggota, Bhabinsa Joho Prada Tulus, Ketua Pokmas Pak Sukir
dan Pokmas / peserta pemohon PTSL Desa Joho.

Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan program pemerintah melalui PTSL Tahun 2020 dengan sebaik – baiknya karena sertifat sangat penting untuk bukti kepemilikan tanah yang syah. Hal itu seperti yang dikatakan salah satu nara sumber dalam kegiatan dari informasi petugas dilokasi.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

Kegiatan penyaluran sertifiakat PTSL desa Joho saat ini merupakan penyelesaian pada tahap ke tiganya, yang sebelumnya kegiatan yang sama juga dibagikan pada tahap pertama dan kedua tahun yang lalu.