Bersama Forkopimcam, Kapolsek Watulimo Pimpin Apel Gabungan Siaga Bencana

Polres Trenggalek – Musim penghujan telah tiba. Perubahan cuaca yang ektrim tak jarang menyebabkan terjadinya bencana alam. Tak terkecuali di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Beberapa minggu terakhir, Kecamatan Watulimo yang wilayahnya didominasi oleh pegunungan dan perbukitan terjadi banjir dan tanah longsor akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi.

Menyikapi hal tersebut, sebagai wujud kesiapsiagaan, Polsek Watulimo Polres Trenggalek menggelar apel gabungan siaga bencana dan penanggulangan Covid-19 di halaman kantor Kecamatan Watulimo. Apel ini dikuti oleh sejumlah stakeholder terkait penanganan kebencanaan diantaranya personel Polsek, Koramil, Satpol PP, Kades se Kecamatan Watulimo. Jumat, (20/11).

Bertindak selaku pimpinan apel adalah jajaran Forkopimcam yakni, Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H, Danramil Kapten Inf Pardol, dan Bupati Camat Watulimo Edi Santoso, S.STP., M.Si. Sedangkan Komandan Apel dijabat oleh Peltu Koirudin.

AKP Suraji dalam amanatnya mengatakan, kegiatan apel ini adalah bentuk kesiapan dalam menghadapi bencana alam dan penanggulangan Covid-19 di seluruh wilayah Kecamatan Watulimo kabupaten Trenggalek. Pihaknya menekankan dalam proses penanganan perlu sinergitas yang kuat antar instansi agar penanganan bisa menjadi lebih komprehensif dan menyentuh semua aspek.

“Kerawanan bencana alam di Kecamatan Watulimo adalah banjir dan tanah longsor. Kita samakan persepsi dan sinergitas dengan sigap, tanggap, cepat bergerak saat terjadi bencana alam.” Ujar AKP Suraji.

Masih kata AKP Suraji, memasuki musim penghujan ini pihaknya telah menginstruksikan anggotanya agar mewaspadai potensi bencana alam yang mungkin terjadi. Respon cepat dan segera turun kelapangan membantu evakuasi warga. Untuk tingkat Polres, Kepolisian telah menyiagakan Satgas bencana yang bisa digerakkan sewaktu-waktu dengan perlengkapan yang ada.

Terkait dengan Kamtibmas khususnya memasuki tahapan Pilkada 2020 yang telah berlangsung, AKP Suraji meminta do`a restu dan dukungan agar situasi keamanan di Kabupaten Trenggalek tetap kondusif.

“Termasuk perkembangan penyebaran Covid-19. Kami juga mengajak kepada semua pihak untuk bekerjasama dalam penanggulangannya.” pungkasnya.

Senada, Danramil Watulimo Kapten Inf Pardol menegaskan, pihaknya mengajak semua pihak bersinergi dan gotong royong dalam penanggulangan bencana alam di Kecamatan Watulimo. pihaknya juga meminta agar memetakan kerawanan bencana alam agar dalam penanganan bisa lebih cepat.

“Semoga dengan kesiapan kita bersama dapat mengantisipasi bencana alam dan percepatan penanganan cegah Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.” Ucapnya.

Sementara itu, Camat Watulimo Edi Santoso menekankan kerjasama dan kolaborasi saat pelaksanaan dilapangan.  Sinergitas antar pihak yang memiliki kompetensi berbeda akan sangat efektif dalam proses penangulangan bencana alam dan percepatan penanganan Covid-19.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan rapat koordinasi secara virtual  melalui video conference dengan Forkopimda Trenggalek dalam upaya percepatan penanganan cegah Covid-19 di aula kantor Kecamatan Watulimo.