Muspika Saksikan Pengukuhan Pengurus Kwartir Ranting Gerakan Kecamatan Suruh

Polres Trenggalek – Wakil Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek pada pagi ini melantik dan mengukuhkan pengurus Gerakan Pramuka Suruh periode 2021 – 2024 Kecamatan Suruh. Kamis (19/11)

Pelantikan dan pengukuhan tersebut dilangsungkan di Aula SMP Negeri 1 Suruh serta diikuti oleh sekitar 60 Orang dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat serta dihadiri pula oleh Wakil Ketua Gerakan Pramuka Cabang Trenggalek Mukasil, S.Pd, Pjs Camat Suruh Dwi Ratna Widyawati AP MM, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek Iptu Mujiat A, S.H, Danposramil Suruh Letda Inf Sutopo, Ketua Jartir Pramuka Kecamatan Suruh Moh Adil Atmoko, S.Pd, Kepala Gudep se Kecamatan Suruh serta tamu undangan sejumlah 60 Orang.

Panitia Pelantikan dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pelaksanaan pelantikan sudah mendapatkan rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kecamatan Suruh dimana dalam pelaksanaannya harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Kami menerapkan protocol kesehatan dengan ketat, semua peserta dan tamu undangan yang hadir wajib memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun yang sudah disiapkan oleh panitia, sebelum masuk pun semua yang hadir kita cek suhu tubuh serta untuk tempat duduk dari peserta juga diberikan jarak,” ucapnya

Pjs Camat Suruh dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan pengukuhan kepengurusan kwartir gerakan Pramuka ranting Suruh untuk periode 2021 – 2024 dengan memperhatikan protokoler kesehatan secara ketat.

“Gerakan Pramuka merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam menempa para generasi penerus dan semoga kedepannya kegiatan kegiatan Pramuka semakin exis dan terkoordinir dengan baik,” jelasnya

Sementara itu menurut Wakil Ketua Kwarcab Trenggalek dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan dan pengukuhan Pengurus Kwarran sesuai amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka.

“Kwartir Ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di Kecamatan,” tutur Mukasil

Wakil Ketua Kwartir Cabang Trenggalek menambahkan bahwa pendidikan Kepramukaan sebagai salah satu pendidikan non-formal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri agar memiliki akhlak mulia, pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara.

Wakil Ketua Kwarcab Trenggalek mengharapkan kepada pengurus Kwarran yang sudah dilantik segera melakukan konsolidasi dengan Muspika dalam melakukan kegiatan kepramukaan dan harus melibatkan semua pihak yang terkait.

“Sebagai pengurus hendaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni mau, mampu, dan punya dedikasi tinggi. Hal itu diperlukan agar organisasi yang dijalankan bisa mencapai kemajuan serta semua kegiatan agar diagendakan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek Iptu Mujiat A, S.H saat dikonfirmasi menyampaikan harapan besar kepada para pengurus, menjadi pengurus Gerakan Pramuka merupakan kerja pengabdian untuk bisa mengabdi yang harus dilandasi dengan sikap ikhlas dan tantangan yang dihadapi pengurus pramuka makin berat untuk itu, diperlukan pengurus yang tangkas dan cerdas agar bisa menyelesaikan semua tantangan dan rintangan.

“Kami selaku Kapolsek Suruh Polres Trenggalek mengucapkan selamat bekerja dengan harapan reorganisasi ini akan menambah kemajuan Gerakan Pramuka khususnya diwilayah Kecamatan Suruh dan umumnya di Kabupaten Trenggalek,” tutur Iptu Mujiat A

“Saya harapkan agar semua pengurus menjalani amanah ini dengan ikhlas dan mudah-mudahan, dengan pengabdian ikhlas ini akan membawa manfaat bagi masyarakat luas,” pungkas Kapolsek Suruh Iptu Mujiat A, S.H