Bertemu Warga, Disiplin Prokes Inpres Nomor 6 Tahun 2020 Disampaikan

Polres Trenggalek – Warung bu Yuni, simpang lima Kasrepan desa Jombok, itu pada Sabtu siang kemarin ( 21/11 ). Pertemuan petugas patroli Aipda Edy dan Bripka Sigit Budiarso kepada warga yang saat itu sedang mencari makan dimanfaatkan untuk menyampaikan disiplin prorokol kesehatan sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2020.

Kegiatan mencuci tangan merupakan kelanjutan program pemerintah dalam melawan virus Corona. ” Pemerintah gencar menyusun rencana untuk menghadapi virus pandemi global ini,” kata personel Polsek Pule Polres Trenggalek.

Ahli kesehatan menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 15-30 detik. Sabun memiliki kandungan senyawa yang dapat mengikat molekul air dan minyak secara bersamaan, termasuk kuman yang berada di tangan. Kemudian, aliran air akan membawa pergi minyak bersama dengan kuman yang terikat.

virus corona membutuhkan media untuk diam atau hidup dan tidak bisa bertahan di udara. Sekalipun menempel pada media benda mati, itupun waktu bertahannya tidak lebih dari 6 jam. Tidak terbawa udara. Virus corona tidak ada penularan dari udara tapi dari percikan ludah, makanya kita jarak sekitar 1,5 meter. Itu untuk menghindari terkena percikan atau droplet, karena virus itu hidup bertahan dengan media air ludah.

Meski terdapat kasus penularan melalui sentuhan ataupun berinteraksi pada suatu tempat yang sama, hal itu kemungkinan akibatkan ada air liur yang keluar dari orang positif corona pada saat berbicara kemudian menempel pada suatu benda mati.

Dengan disiplin physical distancing, setiap orang diimbau menggunakan masker. Utamanya ketika sedang beraktivitas ke luar rumah, karena hal itu sangat membantu untuk mencegah penyebaran Covid-19. Ucapan personel polsek Pule Polres Trenggalek kepada warga didapanya kemarin.