Metode Pencegahan Timbulnya Kejahatan, Petugas Patroli Sasar Pasar Subuh Karangan

Polres Trenggalek – Upaya Preventif dalam mengantisipasi terjadinya tindak pidana kriminalitas di wilayah hukum Polsek Karangan Polres Trenggalek, KSPK Aiptu Sarmin bersama anggota jaga malam melaksanakan patroli di pasar subuh Pinggirsari dan juga tempat-tempat rawan lainnya, guna meminimalisir terjadinya berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas, (22/11/20).

Aiptu Sarmin dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan himbauan kamtibmas kepada para pengunjung pasar untuk selalu menjaga, memelihara keamanan dan keselamatan terutama keselamatan diri sendiri serta menjaga barang bawaannya dari para pelaku kejahatan, “Jadilah Polisi untuk diri sendiri, pastikan selalu aman dan juga perhatikan keamanan lingkungan sekitar,” pesan Aiptu Sarmin.

Kepada para pedagang, Aiptu Sarmin juga mengimbau, ditengah situasi pandemi covid-19 yang sampai sekarang masih belum dipastikan berakhir, memastikan agar para pedagang maupun pengunjung pasar selalu memperhatikan pentingnya kesehatan, dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan dengan cara melakukan 3M.

Selain itu Aiptu Sarmin juga mengingatkan para pedagang, untuk selalu waspada dalam melayani pembeli terutama yang belum dikenal, “Hati-hati terhadap peredaran uang palsu dan pelaku hipnotis ataupun gendam. Kami harapkan pedagang selalu waspada dan jeli terhadap lingkungan dan orang-orang sekitar, setiap pembayaran uang diharapkan untuk dipegang, diraba dan diterawang untuk mengetahui uang tersebut palsu atau tidak sehingga nantinya pedagang tidak mengalami kerugian,” imbaunya.

Kegiatan patroli dini hari kepasar-pasar tradisional rutin dilaksanakan pesonil Polsek Karangan, dengan tujuan agar para pengunjung maupun pedagang di pasar merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi jual beli. Sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan situasi selalu kondusif.