Rutinitas Hari Minggu, Polsek Watulimo Amankan Sejumlah Kegiatan Masyarakat

Polres Trenggalek – Sudah menjadi rutinitas bagi anggota Polsek Watulimo Polres Trenggalek setiap hari Minggu menggelar berbagai pengamanan kegiatan masyarakat. Salah satunya adalah pengamanan ibadah umat Kristiani di rumah ibadah GPDI yang ada di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Minggu, (22/11).

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H mengatakan, pengamanan tersebut merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan Polri kepada masyarakat. Tujuannya adalah selain menjamin Kamtibmas yang kondusif juga memastikan bahwa umat kristiani dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk.

“Di Kecamatan Watulimo ini ada satu rumah peribadatan GPDI dibawah pimpinan Pendeta Nikolas Ante, dengan dihadiri oleh puluhan jemaat yang datang dari dalam dan luar Kecamatan Watulimo.” Ujar AKP Suraji.

Sementara itu Kanit Binmas Polsek Watulimo Aiptu Budi Prayitno yang turun langsung memantau kegiatan pengamanan menegaskan, sesuai dengan SOP sebelum pengamanan dilaksanakan sterilisasi oleh tim khusus dari Unit Sabhara, Unit Reskrim dan Unit Intelkam untuk memastikan tidak ada barang berbahaya. Setelah itu baru kemudian diserahkan kepada petugas pengamanan.

“Kita awali dengan sterilisasi. Kita periksa dan cek keseluruhan gedung dan ruangan serta halaman tempat peribadatan. Sterilisasi menggunakan beberapa perangkat pendukung,” Ujar Aiptu Budi.

Selain sterilisasi, lanjut Aiptu Budi tugas lainnya adalah melakukan patroli secara mobile dengan sasaran objek vital maupun proyek vital yang ada di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Memastikan kondisi Kamtibmas benar-benar terjaga dengan baik dan kondusif.

Tak berhenti disitu, agar lebih maksimal petugas juga bekerjasama dengan unsur pengamanan swakarsa maupun security untuk memeriksa barang bawaan setiap warga yang masuk ke area gereja dan gedung obvit/provit.

“Hingga selesai kegiatan semua berjalan aman dan terkendali” Pungkasnya.