Kapolsek Karangan Imbauan Warga Selalu Patuhi Protokol Kesehatan saat Menggelar Hajatan

Polres Trenggalek – Di masa pandemi Covid-19, masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek termasuk di wilayah Kecamatan Karangan sudah diperbolehkan menggelar hajatan.

Akan tetapi, meski sudah diperbolehkan, masyarakat yang menggelar hajatan seperti resepsi pernikahan, khitanan, genduren/selamatan maupun kegiatan keagamaan seperti yasinan wajib mengikuti instruksi pemerintah tentang pencegahan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kapolsek Karangan Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H. saat melaksanakan pemantauan dirumah salah seorang warga yang sedang menggelar hajatan menyampaikan imbauan serta pesan-pesan bagi tuan rumah dan warga sekitar yang turut membantu pelaksanaan hajatan, Rabu (25/11).

“Setiap warga yang menggelar hajatan wajib mentaati protokol kesehatan, salah satunya menyediakan tempat cuci tangan di depan pintu masuk tempat hajatan. Selain itu juga wajib untuk selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan, dan menjaga jarak saat berada dilokasi hajatan,” ujar Kapolsek Karangan.

Selain harus mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak, hajatan yang digelar tidak boleh melebihi jam yang telah ditetapkan di masa new normal.

Selain itu, gelaran hajatan pun selalu dipantau oleh Tim Satgas Covid-19 Desa setempat bersama dengan Tiga Pilar. Warga yang menggelar hajatan pernikahan di desa tersebut juga dimbau untuk menerapkan protokol kesehatan.

Pengamanan dan pemantauan terus dilakukan, sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 sekaligus sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari serta dalam kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dari berbagai kalangan.