Sambangi Pos Kamling di Sumurup Bendungan, AKP Puguh Ajak Warga Berdayakan Keamanan Lingkungan

Polres Trenggalek – Menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan.

Walaupun pemerintah telah menjamin keamanan tersebut dengan mengerahkan aparat penegak hukum seperti TNI-Polri, sebagai warga negara yang baik tetap harus bertanggung jawab atas keamanan lingkungan masing-masing.

Pernyataan itulah yang disampaikan AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. saat dirinya menyambangi Pos Kamling RT 32 RW 10 Desa Sumurup, Kecamatan Bendungan semalam, Sabtu (28/11/2020).

Tak sendiri, Perwira yang sehari-hari menjabat sebagai Kapolsek Bendungan ini juga didampingi beberapa anggotanya termasuk personel dari Koramil dan Satpol PP Bendungan.

“Siskamling harus terus diberdayakan sebagai salah satu upaya masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk kejahatan,” ucap AKP Puguh saat dihubungi redaksi melalui sambungan seluler.

Memanfaatkan momen tersebut, AKP Puguh juga menyampaikan tentang peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan penuh kekeluargaan.

Baginya, suasana lingkungan terutama di wilayah pedesaan yang diselimuti rasa kekeluargaan dan kegotong-royongan itu menjadi modal utama bagi terselenggaranya pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

“Masyarakat desanya rukun, kompak, dan penuh kegotong-royongan memudahkan aparatur pemerintah desa dalam mewujudkan program-program pembangunan. Tak menutup kemungkinan jika potensi yang ada di desa bisa dikembangkan, tentu bisa mendatangkan investor dari luar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa setempat,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, AKP Puguh juga menyinggung tentang pelaksanaan Pemilukada yang pelaksanaannya tinggal menghitung hari saja ini.

Kepada warga setempat AKP Puguh berpesan agar tetap menjaga toleransi di tengah perbedaan.

“Pelaksaaan Pemilukada Serentak tinggal menghitung hari. Kepada warga kami imbau agar saling menjaga toleransi walau berbeda pendapat. Jangan sampai momen Pemilukada ini menjadi ajang perpecahan di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Sebelum berpamitan, AKP Puguh tak lupa menyampaikan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan melalui program 3M.

“Covid-19 masih menjadi ancaman bagi kita semua. Oleh karena itu kepada warga agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan. Tetaplah disiplin dengan pola 3M termasuk menjaga kebiasaan hidup sehat lainnya agar terhindar dari wabah ini,” pungkasnya.