Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pemilukada di Mapolres Trenggalek, AKP Puguh : H-1 Pasukan Mulai Digeser ke TPS

Polres Trenggalek – Guna memastikan kesiapan pengamanan Pilkada Kabupaten Trenggalek yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Polres Trenggalek menggelar apel kesiapan pengamanan TPS dalam rangka mendukung Operasi Mantap Praja 2020.

Dalam apel yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek tersebut dipimpin langsung oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek diantaranya, Pjs Bupati Trenggalek Drs Benny Sampirwanto MSi, Kapolres Trenggalek yang diwakili Wakapolres Kompol Mujito, S.H., M.Si., Dandim 0806 yang diwakili oleh Danramil Pogalan Kapten Arh. Jaidi. Rabu, (2/12/2020).

Pasukan apel sendiri terdiri dari personel Kodim 0806 Trenggalek, Unit Subdenpom TNI, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, petugas pengamanan TPS dan Linmas. 

Selain itu, turut dihadirkan pula sarana prasara penunjang pengamanan TPS seperti Ranmor operasional, ambulan dan lain-lain.

Dihubungi redaksi di sela-sela kegiatan tersebut, Kapolsek Bendungan, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. menuturkan, dalam pengamanan pemungutan suara melibatkan sejumlah 680 Polri, 223 TNI, 100 Satpol PP, 4.042 Linmas ditambah dengan personel cadangan yang di-standby-kan di masing-masing satuan yang dapat digerakkan sewaktu-waktu.

“H-1 akan dilaksanakan pergeseran pasukan menuju TPS masing-masing sesuai,” ujar AKP Puguh.

Mengingat pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek saat ini diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, pucuk pimpinan Polres Trenggalek meminta agar seluruh petugas pengamanan yang terlibat benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita harus jadi teladan bagi masyarakat. Pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak aman,” imbuh AKP Puguh.

Sementara itu, Pjs Bupati Trenggalek Benny Sampirwanto menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bukti kesiapan jajaran Kepolisian bersama instansi terkait dalam menyukseskan gelaran Pilkada Kabupaten Trenggalek.

Pihaknya mengajak semua personel yang terlibat pengamanan untuk membuktikan diri bahwa Trenggalek dapat menggelar Pilkada dengan baik serta terjamin keamanan berikut kesehatan masyarakat.

Sementara itu, usai apel gelar pasukan tersebut, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dan tactical floor game (TFG) oleh Kabagops Kompol Supiyan, S.Sos. yang memaparkan tentang pergerakan personel mulai dari Serpas hingga pengawalan logitik serta antisipasi kondisi kontijensi.

Acara ditutup dengan simulasi pengawalan dan pendistribusian logistik Pilkada serta pengamanan tahapan pemungutan suara dan berbagai langkah strategis penyelesaian masalah yang mungkin terjadi di TPS.