Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, Perlu Adanya Kesadaran Masyarakat yang Tinggi

Polres Trenggalek – Dimasa pandemi covid-19 yang sampai dengan saat ini masih melanda, jajaran Polsek Karangan Polres Trenggalek gencar memberikan imbauan tentang pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Melalui patroli dialogis, anggota Polisi mengajak masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan.

Dalam patroli yang digelar Rabu (02/12/20), personel Sat Sabhara yang dipimpin Danru Unit Patroli Bripka Arif Wahyu Rianto SH. menghimbau masyarakat untuk dapat mengenakan masker yang baik dan benar, selalu menjaga jarak saat beraktivitas ditempat umum, serta mencuci tangan sesering mungkin.

Lebih lanjut Bripka Arif menyebutkan bahwa tujuan patroli ini adalah untuk menekan angka penularan COVID-19 dengan mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Salah satu bentuk penularan yakni dengan berkerumun dan tidak menerapkan prinsip 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

“Tujuan patroli ini untuk memberikan arahan kepada masyarakat agar disiplin dan mematuhi protokol kesehatan. Termasuk membubarkan aktivitas warga yang berkerumun,” paparnya.

Tidak melakukan pendataan, berapa banyak pelanggaran protokol kesehatan yang ditemukan dalam patroli kali ini. kesadaran masyarakat yang tinggi tentunya sangat diharapkan, dan petugas lebih mengedepankan langkah persuasif memberikan imbauan, teguran, serta melakukan pembubaran.