Cegah Politik Uang, Cukup Bukti Anda Berhak Terima Ucapan Terima Kasih Dari Kepolisian

Polres Trenggalek – Ayo peran serta kita semua cegah money politik saat Pilkada Trenggalek. Pelaksanaan Pilkada selama ini dinilai rawan kecurangan seperti terjadi politik uang yang dilakukan oleh oknum pasangan calon ( Paslon) maupun tim suskses. Pilkada kali ini, pelanggaran protokol kesehatan ( Prokes ) dimasa pandemi Covid-19 juga menjadi perhatian kepolisian.

 

Kapolsek Pule melalui Humasnya mengimbau kepada seluruh pemilik hak suara untuk menolak politik uang.  Pasalnya, politik uang akan mencederai citra Pilkada. Hal itu dikatakanya pada Jum’at siang kemarin ( 4/12 ).

 

” Tentu dalam pelaksanaan  Pilkada harus dilakukan dengan jujur dan adil. Tidak boleh ada politik uang,  karena bisa mencoreng asas Pemilu atau Pilkada,” tambahnya.

 

Adanya Satgas -satgas yang dibentuk pihak kepolisian seperti satgas money politik untuk antisipasi kecurangan dalam Pilkada Trenggalek tahun 2020. Tugas pokok satgas ini adalah mendeteksi dan melakukan tindakan terukur, melakukan pencegahan dan menindak tegas terhadap kemungkinan atau potensi adanya praktek politik uang serta kecurangan lainya.

 

Kecurangan dalam Pilkada bisa terendus dengan modus baru tentang politik uang, yaitu dengan pembagian sembako. Ada lagi pemberian uang untuk memilih salah satu paslon dengan diiming-imingi uang antara Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu perorangan.

 

Melalui dukungan semua pihak yang mengetahui kecurangan politik uang, pihak kepolisian akan memberikan ucapan terimakasih dengan nominal Rp 10 Juta kepada masyarakat jika mau melaporkan temuan politik uang.