Operasi Yustisi Gabungan, Kapolsek Pogalan Tegaskan Warga untuk Patuhi Prokes

Polres Trenggalek – Petugas gabungan yang merupakan tim penegak disiplin dan covid-19 hunter Kabupetan Trenggalek yang terdiri dari personel Kepolisian dari Polres Trenggalek, Polsek Pogalan Koramil Pogalan, Dishub dan Satpol PP ini melaksanakan operasi yustisi terpadu dalam rangka penertiban protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bertempat di jalan raya Trenggalek- Tulungagung tepatnya didepan Pasar Rakyat Bendo maupun dalam pasar operasi yustisi ini menyasar masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan yang mana tidak memakai masker saat beraktifitas di tempat umum.

Sejumlah masyarakat mulai pedagang hingga pengunjung pasar yang sedang berlalu lalang di dua tempat berbeda tersebut terjaring operasi gabungan penertiban penggunaan masker dan harus menerima sangsi dari petugas.

Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP Mokh Mahmudi, S.H., yang mengikuti kegiatan tersebut menegaskan operasi yustisi digelar sebagai tindak lanjut dari Inpres nomor tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub nomor 53 tahun 2020 dan Perbup nomor 31 tahun 2020.

” Masih ditemukan beberapa warga yang abai protokol kesehatan dan tidak mengenakan masker. Sejumlah pelanggar sudah di kenakan sanksi seperti teguran tertulis, memakai rompi orange, mengucapkan teks Pancasila, menyapu selanjutnya diberikan masker untuk langsung dipakai, ” ungkap AKP Mokh Mahmudi

Pelaksanaan operasi yustisi dilaksanakan dengan metode stationer dan hunting system dan mengedepankan pola persuasif humanis. Tujuannya adalah menggugah kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan diantaranya wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

“Ketegasan dan konsistensi ini sangat penting untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Semoga dengan langkah ini benar-benar dapat efektif menekan laju penyebaran covid-19 khususnya di Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.” pungkas AKP Mokh Mahmudi