Monitoring Pengamanan Penyaluran BSPS, Bripka Agus, Semua di Pastikan Tepat Sasaran

Polres Trenggalek – Sebagai pelaksana tugas pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di desa binaan, seorang anggota Bhabinkamtibmas wajib mengetahui serta melakukan pendampingan maupun pengamanan dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh warga binaannya.

Hal ini terlihat pula di Desa Karangan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, saat dilaksanakannya penyaluran bantuan sosial pangan sembako (BSPS). Bhabinkamtibmas Desa Karangan Bripka Agus Rizal Wahyudi. tampak hadir ditengah-tengah masyarakat guna melakukan pendampingan dan pengawasan, Sabtu (12/12).

Tempat pembagian bantuan sembako berada dirumah agen Sdr. Siti Rukhoyah yang berada di Dusun Krajan Rt 11 Rw 03 Desa Dsn Pinggirsari Desa/Kecamatan Karangan.

Petugas pelaksana giat terdiri dari Petugas pembagi yang ditunjuk dari BNI yaitu Sdri. Siti Rukhoyah dan selaku agen Penyedia Sembako, Kaur Kesra Kecamatan Sdr. Bejan, Kasi Kesra, Sdr Pendamping BSPS Kecamatan Karangan sdri. Heni Utari, serta Tim gugus tugas covid-19 Desa Karangan.

Adapun mekanisme pembagian adalah sebagai berikut; Penerimaan BSPS lama sejumlah Rp. 200.000,- diterimakan berupa Sembako. Penerimaan BSPS sejumlah Rp. 200.000,- (bulan Desember) diterimakan berupa Sembako. Untuk penerimaan berupa sembako senilai Rp 200.000,- dengan rincian: Beras 15 kg, Telor 10 butir, Sayur buncis 0,5 kg, Ayam 0,5 kg, Buah Jeruk 1Kg.

Penerima BSPS lama sebanyak 475 KPM (keluarga penerima manfaat) sementara Penerima BSPS yang diterimakan KPM (keluarga penerima manfaat), dengan membawa persyaratan kelengkapan surat-surat yang ditentukan dari pihak Bank, semua akan dilayani, namun mengingat masih adanya Pandemi Covid-19 hingga saat ini. Petugas selalu mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Selaku Bhabinkamtibmas, kami melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap jalannya penyaluran bantuan sosial pangan sembako pada hari ini. Masyarakat tampak antusias menyambut adanya bantuan dari Pemerintah, mereka mengantri dengan tertib dan menjalankan protokol kesehatan untuk menjaga jarak dan menggunakan masker. Selama kegiatan berlangsung dapat berjalan dengan tertib, aman dan kondusif,” pungkas Bripka Agus .