Sikapi Dinamika Nasional, mulai Dari Penjagaan Mako hingga Penggunaan Peralatan Perlindungan Diri

Polres Trenggalek – Dinamika Kamtibmas mulai dari tingkat kewilayahan hingga nasional menuntut peningkatan kesiapsiagaan di jajaran Kepolisian Kabupaten Trenggalek.

Tak terkecuali bagi Kepolisian Sektor Bendungan, upaya tersebut dibarengi dengan penambahan level perkuatan baik di bidang pengamanan markas komando (Mako) maupun penambahan jumlah personel di waktu-waktu tertentu.

“Menyikapi situasi nasional termasuk pengamanan tahapan Pemilukada, seluruh jajaran Kepolisian di Trenggalek meningkatkan kesiapsiagaannya,” tutur Kapolsek Bendungan, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H. saat ditemui redaksi usai memimpin apel pagi di Mapolsek, Senin (14/12/2020).

Ia pun merinci, skala kesiapsiagaan tersebut meliputi peningkatan penjagaan Mako yang dilengkapi dengan CCTV, peningkatan kewaspadaan dan personality buddy system, pengecekan dan pemeriksaan identitas masyarakat yang memasuki Mako, serta penggunaan kelengkapan perlindungan diri meliputi rompi anti peluru dan senjata api terutama ketika melaksanakan tugas di lapangan.

“Tak berlebihan. Ini sebagai langkah Polri untuk mengamankan Mako termasuk melindungi seluruh personel dari ancaman kelompok tertentu yang berupaya menciptakan ketidaktenteraman di republik ini,” tambah AKP Puguh.

Ia melanjutkan, selain upaya tersebut, jajaran Kepolisian Sektor Bendungan juga terus meningkatkan kegiatan preventif berupa patroli, penggalangan kepada tokoh masyarakat maupun tokoh agama, termasuk edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar tak mudah terprovokasi dengan informasi hoax maupun konten tertentu di media sosial yang mengarah kepada ujaran kebencian.

“Upaya preventif juga terus kami galakkan termasuk edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar tak mudah terprovokasi dengan informasi yang mengarah hoax atau ujaran kebencian. Lebih baik kita mencegah sejak dini. Kamtibmas di seluruh tanah air harus tetap kondusif,” pungkasnya.