Masifkan Sambang Toga, Kanit Binmas Polsek Kampak Upayakan Cegah Masuknya Radikalisme

Polres Trenggalek – Berbagai cara dilakukan oleh jajaran kepolisian, dalam mencegah dan melawan paham radikalisme. Seperti yang dilakukan Kanit Binmas Polsek Kampak Aiptu Suwarno yang rutin melaksanakan sambang ke tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah hukumnya.

Salah satu tokoh agama yang dikunjungi oleh Aiptu Suwarno pada hari ini, adalah pimpinan Pondok Pesantren Mambaul Hikam Kampak, yaitu Kyai Imam Safii. Dalam kunjungannya Aiptu Suwarno tidak lupa menyampaikan pesan kamtibmas sekaligus mengajak tokoh tersebut, melawan paham radikalisme.
Selasa (15/12)

Menurut Aiptu Suwarno, kegiatan sambang silaturahmi kepada para tokoh agama sangatlah penting untuk dilakukan, selain sebagai sarana menyampaikan pesan kamtibmas, sekaligus juga untuk meminta bantuan kepada para tokoh tersebut agar bersama-sama Polri, menolak dan mewaspadai kemungkinan munculnya paham radikalisme, yang kerap menyasar kaum muda yang notabene masih gampang dipengaruhi melalui metode cuci otak.

Selain itu, kegiatan sambang tersebut juga dilakukan untuk menyampaikan pesan agar para warga masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan adanya kabar berita yang tidak benar atau hoax. Hal ini dilakukan demi menjaga stabilitas keamanan masyarakat serta menciptakan lingkungan yang sejuk dan damai.

“Kita harus melawan paham radikalisme, apalagi paham ini mudah mempengaruhi anak muda melalui cuci otak dan melalui media sosial. Selain itu, kita juga harus berhati-hati dengan berita-berita hoax yang tersebar melalui media sosial, berita yang mengandung ujaran kebencian serta berita yang mengandung fitnah yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa”, pesan Aiptu Suwarno.