Polres Trenggalek Turut Ambil Bagian dalam Pelatihan Penanganan Bencana Alam

Polres Trenggalek – Personel Kepolisian Resor Trenggalek turut ambil bagian dalam pelatihan penanggulangan bencana alam dan tsunami yang diselenggarakan oleh Korem 081/Dhirotsaha Jaya. Sejumlah personel dilibatkan dalam latihan dan simulasi yang dipusatkan di Kecamatan Watulimo Trenggalek. Selasa, (15/12).

Hal tersebut disampaikan Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. saat mengikuti upacara penutupan latihan di lapangan Tasikmadu Kecamatan Watulimo.

“Pelatihan ini sangat penting sebagai salah satu media sinkronisasi dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Trenggalek.” Ujar Kompol Mujito.

Kompol Mujito menuturkan, dalam pelatihan yang digelar selam dua hari tersebut par apeserta mendapat pembekalan terkait dengan sinergitas dalam penanganan bencana alam seperti evakuasi pengungsi, komunikasi, pencarian dan evakuasi korban, distribusi bantuan serta simulasi evakuasi korban tertimpa rumah roboh.

“Dengan pelatihan ini kita harapkan kemampuan dan kolaborasi dalam penanganan bencana alam semakin meningkat sehingga dapat menekan fatalitas korban dan penanggulangan yang lebih cepat dan tentunya lebih komprehensif didukung dengan partisipasi masyarakat dalam upaya pencegahan bencana alam” Imbuhnya.

Upacara penutupan itu sendiri dipimpin langsung oleh Danrem 081 Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, S.E., M.Si. dan diikuti oleh peronel Polri, TNI, Satpol PP, BPBD, Basarnas, relawan kebencanaan dan seluruh peserta pelatihan

Turut hadir pula diantaranya Kasrem 081 Letkol Arh. Hany Mahmudhi, S.E., Dandim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Dandim Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaidi, S.E., M. Tr. (Han), Dandim Madiun Letkol Inf. Edwin Charles, Sekda Kabupaten Trenggalek Ir. Joko Irianto serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan kepada sejumlah warga tak mampu di Kecamatan Watulimo.