Bangun Komitmen Transparansi, Polres Trenggalek Gelar Penandatanganan Pakta Integritas

Polres Trenggalek – Menjelang awal tahun 2021, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pihak Kepolisian untuk menyongsong kegiatan pemeliharaan Kamtibmas satu tahun kedepan. Perencanaan matang yang sudah dibuat tahun sebelumnya harus terlaksana kongkrit ditahun 2021 ini.

Sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas, keseluruhan kegiatan yang didukung anggaran wajib dijabarkan secara jelas dan diketahui oleh seluruh anggota dan masyarakat. Oleh karenanya, Polres Trenggalek menggelar sosialisasi dan penandatanganan pakta integritas bagi semua Satker yang mengelola anggaran Dipa tahun 2021. Rabu (16/12).

Dalam acara yang digelar di Rupatama tersebut hadir Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si, pejabat utama, para Kapolsek dan perwira staf serta beberapa mitra kerja antara lain PT. PLN Persero UP3 Ponorogo dan  Direktur Perum Air Minum Tirta Wening.

“Prinsip dasar transparan dan akuntabel wajib dipegang kuat oleh masing-masing Satker, tidak ada yang ditutup-tutupi. Semua terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan” ujar AKBP Doni.

Selain pemaparan tentang anggaran operasional tahun 2021 secara detail, dijelaskan pula teknis pembuatan Perwabku bagi semua Kasubsatker dibawah pimpingan Kabagren dan Kasikeu. Tujuannya agar terbangun mekanisme tertib administrasi keuangan yang baik dan profesional.

Sementara itu, penandatanganan Pakta Integritas oleh para Pejabat utama dan Kapolsek jajaran disaksikan langsung oleh Kapolres Trenggalek. Pakta Integritas merupakan salah satu upaya Polres Trenggalek agar anggotanya tetap on track sesuai dengan peraturan dan SOP yang ada. Jika melanggar, maka siap-siap saja menerima konsekuensi baik dari aspek kedisiplinan maupun penegakan hukum.

“Pakta Integritas ini adalah komitmen kita bersama dan mencegah terjadinya pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang sekecil apapun. Ingat, ada konsekuensi hukum jika dilanggar” tegasnya

Pakta Integritas itu sendiri berisi tentang pernyataan tidak KKN, tidak menerima suap ataupun gratifikasi, bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel, menghindari conflict of interest serta memberi contoh dan teladan dalam bertugas.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Polres Trenggalek dengan beberapa lembaga atau instansi terkait diantaranya PT. PLN Persero UP3 Ponorogo dan  Perum Air Minum Tirta Wening dilanjutkan penyerahan cindera mata oleh Kapolres Trenggalek.