Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ini Pesan Kapolres Trenggalek

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si.  turut hadir dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2020 yang diselenggarakan di pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek. Kamis, (17/12).

Dikonfirmasi terpisah usai acara, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini menuturkan, Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan hari ini dimana kita memberi kesempatan lebih luas bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitas untuk terus berkarya dan meningkatkan kemampuan diri dan kemandirian.” Jelas AKBP Doni.

Lebih lanjut AKBP Doni mengatakan, jajaran Polres Trenggalek memberikan  perhatian lebih kepada penyandang disabilitas di Trenggalek. Salah satunya adalah Polres Trenggalek memiliki Sekolah Luar Biasa (SLB) Kemala Bhayangkari 1 Trenggalek yang telah banyak menorehkan prestasi baik tingkat Nasional bahkan Internasional.

“Dalam bidang operasional dan pelayanan, Polres Trenggalek juga telah melengkapi dengan sarana-prasarana penunjang bagi penyandang difabel dan memberikan prioritas pelayanan” Ujar AKBP Doni

“Kemudian kita juga luncurkan Sambel Mantap atau Selasa melayani difabel yakni sebuah terobosan kreatif yang diperuntukkan khusus bagi penyandang difabel. Ada layanan antar jemput dan pendampingan khusus” Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin dalam acara yang mengambil tema Building Back Better: toward a disability-inclusive, accessible and sustainable Covid-19 World, atau membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih berkelanjutan di masa pandemi Covid-19 tersebut menekankan bahwa pembangunan berkelanjutan tidak boleh ada yang di tinggalkan atau dibedakan dalam akses pelayanan termasuk para penyandang disabilitas.

“Trenggalek merupakan rumah semua orang. Kita ingin perayaan ini tidak hanya sebatas seremonial tetapi diwujudkan dalam kebijakan yang mengutamakan pelayanan inklusif Difabel.” Ujarnya

Dalam kesempatan tersebut diberikan bantuan dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) berupa Layanan bantuan penghidupan sosial bagi penyandang Disabilitas Fisik kepada 69 orang dan bantuan mobilitas Cacat Korset, Protese, Kaki palsu kepada 18 orang penyandang difabel.

Selain itu ada pula bantuan 20 unit mesin jahit kepada penyandang disabilitas yang mempunyai embrio usaha program entrepreneur dari dinas sosial provinsi Jawa Timur  serta kursi roda, alat bantu dengan dan tongkat netra dari dinas sosial PPPA Kabupaten Trenggalek

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., Ketua DPRD Kab Trenggalek, Samsul Anam, S.H., M.M., M.Hum., Sekda Ir. Joko Irianto, M.Si. Wakil dari Pengadilan Negeri dan Kajari Trenggalek, Kepala OPS serta perwakilan penyandang Disabilitas.