Kompol Supiyan: Pilkada Trenggalek Berjalan Lancar, Aman dan Sehat

Polres Trenggalek – Tahap pemungutan suara hingga rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tingkat KPU telah selesai digelar dengan aman, tertib dan lancar. Suksesnya pesta demokrasi lima tahunan ini tak lepas dari peran serta semua pihak, baik penyelenggara, tim pemenangan, petugas keamanan hingga seluruh elemen masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek melalui Kabagops Kompol Supiyan saat mengikuti acara obrolan dengan tema `Evaluasi Pilkada Kabupaten Trenggalek Tahun 2020` yang di selengarakan oleh TVRI sebagai lembaga penyiaran publik di ruang Media center KPU Trenggalek. Jum`at, (18/12).

Dalam acara yang dipandu oleh host Sansabela tersebut, Kompol Supiyan memaparkan tentang langkah dan upaya Kepolisian yang telah tergelar dalam mengamankan perhelatan Pilkada Kabupaten Trenggalek.

“Terkait Pengamanan dalam mengawal setiap tahapan Pelaksanaan Pilkada Trenggalek, kami berkolarobasi dan menggandeng instansi terkait dengan perkuatan 680 Polri, 223 TNI, 100 Satpol PP, 4.042 Linmas ditambah dengan personel cadangan yang distanbykan di masing-masing satuan yang dapat digerakkan sewaktu-waktu untuk mem-backup 1.550 TPS se Kabupaten Trenggalek.” Ujar Kompol Supiyan.

Selain mengamankan pertahapan Pilkada Trenggalek lanjut Kompol Supiyan, pihaknya juga berupaya mengendalikan Covid 19 agar tidak ada lonjakan atau klaster baru pada saat berlangsungnya Pilkada.

Polres Trenggalek melalui Bhabinkamtibmas dan Polsek jajaran turut ambil bagian mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan pilkada dan menggunakan hak pilihnya melalui stasiun Radio, TV, media online media sosial hingga baliho yang dipasang pada titik-titik strategis.

Satu hal yang menarik adalah langkah pencegahan kecurangan dan politik uang, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K. M.Si. berinisiasi membuat sayembara bagi siapa saja yang dapat mengungkap money politik akan diberikan hadian berupa uang tunai.

“Ini merupakan bentuk keseriusan kami untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, demokratis dan bermartabat” Imbuhnya.

Pihaknya berharap tahapan Pilkada selanjutnya yakni penetapan dan pelantikan Bupati terpilih tetap berjalan dengan lancar dan situasi Kamtibmas di Trenggalek selalu kondusif.

Turut hadir sebagai nara sumber acara tersebut antara lain, Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi, S.E., Divisi Hukum Bawaslu Trenggalek, Prayogi, S.Pdi., dan Pemerhati Politik Dr.Soeripto, S.Ag, M.Pdi.