Pastikan Kesiapan Jelang Nataru, Polres Trenggalek Gelar Latpraops Lilin Semeru 2020

Polres Trenggalek – Dalam waktu dekat, Polres Trenggalek akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi `Lilin Semeru 2020` Operasi ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat menghadapi Natal dan tahun Baru 2021 di tengah pandemi Covid-19. Jum`at, (18/12).

Guna menyamakan visi misi dan cara bertindak, dilaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) di Rupatam mapolres yang dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si, dan iikuti oleh seluruh pejabat utama, Kapolsek jajaran dan seluruh personel yang terlibat.

“Operasi Lilin Semeru 2020 digelar serentak selama 15 hari terhitung mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Operasi ini mengedepankan preventif humanis.” Ungkap AKBP Doni

Dihadapan seluruh peserta, perwira menengah alumni Akpol tahun 2000 ini meminta agar semua piranti pendukung baik administrasi maupun Sarpras segera disiapkan terlebih dahulu termasuk pendirian 3 Pospam yakni di Agropark, Durenan dan Watulimo sehingga hari pertama operasi sudah bisa langsung dilaksanakan.

Selain itu, AKBP Doni juga menginstruksikan kepada Polsek jajaran untuk melakukan operasi imbangan untuk menjaga situasi keamanan kondusif di wilayah masing-masing dengan melibatkan instansi dan elemen masyarakat lainnya.

“Saya minta semua anggota pro aktif mensukseskan Operasi Lilin Semeru 2020 ini. Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.” Imbuhnya

Terkait dengan penanganan Covid-19 selama Nataru, pihaknya mengintruksikan jajarannya untuk lebih memperketat penerapan protokol kesehatan khususnya dilokasi wisata dengan melibatkan pengelola wisata serta stake holder lainnya.

“Peningkatan wisatawan saat Nataru rentan menjadi kerumunan yang tentunya berpotensi terjadi penularan Covid-19. Ini harus benar-benar diantisipasi sedini mungkin. Koordinasikan dengan OPD terkait untuk upaya pencegahan termasuk kelengkapan sarana prasaran penunjang.” Ujar AKBP Doni

“Semua pengelola maupun pengunjung wajib menggunakan masker. Menyediakan tempat cuci tangan dan tegas mengingatkan untuk menjega jarak aman dan tidak membuat kerumunan” Tambahnya

Sementara itu, Kabaops Polres Trenggalek Kompol Supiyan, S.Sos, selaku Karendalops Lilin Semeru 2020 mengatakan, terkait peringatan Natal, pihaknya telah menyiapkan sejumlah personel pengaman dengan melibatkan personel gabungan dan dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.

“Antisipasi menyambut tahun baru, dilakukan pengamanan dilokasi-lokasi wisata dan memberlakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat.” Ujar Kompol Supiyan.

Dalam Operasi ini, Polres Trenggalek melibatkan tak kurang dari 86 anggota Polri ditambah personel TNI dan intansi terkait lainnya. Selain tergabung dalam Satgas, personel yang terlibat juga disebar dalam masing-masing pos pengamanan.