Tangkal Radikalisme dengan Sambang Toga, Polisi Citakan Wilayah Aman Kondusif

Polres Trenggalek – Dalam rangka mewujudkan sinergitas kemitraan antara aparat keamanan dan para tokoh agama di masyarakat personel Polsek Kampak selalu aktif melaksanakan giat sambang dialogis. Seperti halnya yang dilaksanakan oleh Kanit Binmas yang hari ini melaksanakan tatap muka dengan salah satu tokoh agama di wilayah Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Jumat (18/12).

Bersama Bhabinkamtibmas Desa Senden Bripka Imron Rosyadi, Pak Warno, sapaan akrab Aiptu Suwarno menyambangi salah satu tokoh agama di Desa Senden yaitu K.H. Imam Zaini. Giat sambang dialogis tersebut ditujukan untuk mengajak tokoh agama bersinergi dalam menciptakan situasi yang aman dan sejuk pasca Pilkada Kabupaten Trenggalek tahun 2020. Selain itu para personil juga mengajak toga untuk mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme dan terorisme karena paham tersebut dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan negara kita.

Aiptu Suwarno menjelaskan, “Polri sebagai aparat yang bertugas dalam pemberantasan tindak pidana terorisme tidak akan pernah bisa berhasil tanpa adanya bantuan dan juga peran serta dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya, adapun bentuk dukungan dari masyarakat tersebut dapat berupa secara aktif menjaga para jamaah agar tidak mudah terpengaruh oleh paham radikalis,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, Amd.Kep., S.H., kepada tim redaksi mengatakan bahwa kegiatan sambang dialogis bersama tokoh masyarakat serta tokoh agama bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi sekaligus mencegah masuk dan berkembangnya Paham Radikalisme yang anti pancasila. Selain itu patroli dialogis juga ditujukan untuk mencegah gangguan kamtibmas pasca Pilkada Serentak 2020 utamanya diwilayah Kecamatan Kampak.

“Dalam kegiatan sambang dialogis diharapkan petugas patroli dapat menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap paham-paham radikalis. Disamping itu, dialogis juga dimaksudkan untuk lebih mempererat hubungan kemitraan antara masyarakat dengan pertugas keamanan agar masyarakat tidak canggung dalam memberikan informasi kepada anggota Polri,” pungkas Kapolsek Kampak.