Pol PP Gelar Penertiban PKL, TNI dan Polri Berikan Pendampingan

Polres Trenggalek – Seiring dengan masih banyaknya pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan yang tidak sesuai peraturan khususnya di seputaran lokasi wisata Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Watulimo yang didampingi oleh TNI dari Koramil Watulimo serta Polsek Watulimo Polres Trenggalek menggelar penertiban dan pemasangan papan imbauan. Sabtu (19/12).

Petugas dari Polsek Watulimo Polres Trenggalek Aipda Bambang Prasetyo Basuki, S.Kom., M.H yang ikut langsung dalam kegiatan menjelaskan bahwa sasaran penertiban ini adalah para PKL yang berjualan tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan di sepanjang jalan yang berada di seputaran lokasi wisata, dan pihak Kepolisian bersama TNI sifatnya hanya mengawal.

“Sifatnya kami hanya melakukan pengawalan serta menyampaikan pembinaan dan penyuluhan, sedangkan permasalahan sanksi administrasi serta yang lainnya kami serahkan kepada yang berwenang, yakni Satpol PP,” ujar Aipda Bambang.

Masih menurut Aipda Bambang, kegiatan ini dilakukan tidak hanya kali ini saja, namun sudah berjalan secara kontinyu untuk menertibkan PKL agar tidak berjualan secara liar sehingga berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Ditempat terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H menambahkan bahwa Kecamatan Watulimo adalah destinasi wisata yang utama di wilayah Kabupaten Trenggalek, sehingga diperlukan adanya penertiban dalam hal tempat berjualan agar tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan khususnya para wisatawan yang berkunjung di wilayah Kecamatan Watulimo.

“Karena sebenarnya tempat berjualan telah disiapkan oleh pemerintah, sehingga dengan adanya penertiban ini masyarakat khususnya pedagang kaki lima ikut menjaga keindahan wilayah kecamatan Watulimo ini,” pungkasnya.