Kapolres Trenggalek: Kobarkan Semangat Kebersamaan dan Toleransi dalam Bingkai NKRI

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. turut hadir dan menjadi pembicara kunci dalam acara pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pembinaan toleransi beragama yang digelar di pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek. Senin, (21/12).

Dalam acara tersebut AKBP Doni memaparkan tentang tugas pokok Polri serta berbagai langkah dan upaya yang tergelar dalam rangka memelihara Kamtibmas kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Trenggalek.

AKBP Doni menuturkan dinamika kamtibmas yang terus berubah, ditambah derasnya arus informasi serta geopolitik nasional maupun internasional yang dapat berimbas pada kondisi Kamtibmas harus disikapi dengan bijak sehingga terwujud Kondusivitas wilayah.

Melalui silaturahmi ke tokoh agama, tokoh masyarakat dan para pengasuh ponpes pihaknya berharap sinegitas dalam menjaga kamtibmas tidak mudah terpecah belah menjadi lebih kuat.

Selain itu, dengan dioptimalkannya Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) hingga pelosok desa adalah wujud merangkul masyarakat untuk menjaga keamanan.

“Dalam tugas dilapangan, tanpa ada sinergi dengan masyarakat maka tidak akan terwujud situasi yang aman dan kondusif” Ujar AKBP Doni

Guna mendukung hal tersebut, lanjut AKBP Doni, pihaknya telah meluncurkan terobosan kreatif yakni aplikasi berbasis android `Trenggalek mantap` yang  telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk berkontribusi dan berpartisipasi dalam menjaga keamanan. Selain pelayanan kepolisian dan panic button juga terdapat informasi BMKG terkait cuaca dan bencana hingga pembayaran PNBP.

Sementara terkait dengan peristiwa pidana, AKBP Doni menjelaskan kasus terhadap anak pada tahun 2020 cenderung mengalami kenaikan yakni 13 kasus. Hal tersebut salah satunya merupakan  dampak dari pengaruh negatif IT serta Miras. Oleh sebab itu diperlukan peran serta dan seluruh masyarakat termasuk tokoh agama untuk menekan dan meminimalisir kejadian serupa.

“Polres Trenggalek juga telah mengungkap kasus perusakan lingkungan hidup yang merupakan pertama kali di Jawa Timur.” Tambahnya.

AKBP Doni berharap dengan kegiatan ini, partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban serta toleransi antar sesama semakin meningkat serta menumbuhkan semangat dalam keberagaman dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto.S.I.P., M.Pol., Bupati Trenggalek yang diwakili oleh  Asisten 1 Sekda Drs. Widarsono, M.M., ketua FKUB K.H. Maksum, perwakilan dari MUI, Bamag, pimpinan organisasi agama dan pengasuh pondok pesantren.